Kamar Tidur Anda Tidak Akan Nyaman dengan 3 Warna Cat Ini

Redaksi Daerah - Kamis, 30 Mei 2024 15:04 WIB
3 Warna Cat Tembok Terlarang Digunakan untuk Kamar Tidur Anda (Freepik.com/lifeforstock)

JAKARTA - Kamar tidur atau tempat tidur adalah salah satu ruangan paling penting di rumah. Hal ini, karena kita menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat di tempat tersebut.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada banyak tekanan saat mendesainnya, terutama ketika harus memilih warna cat tembok. Meski Anda bisa mengecat ulang warna tembok kamar Anda, hal yang terbaik adalah dengan mengecatnya dengan benar saat pertama kali.

Berikut beberapa warna cat tembok yang tidak boleh digunakan di dalam kamar tidur.

Warna Cat Tembok yang Tidak Boleh Digunakan di Kamar Tidur

1. Kuning Cerah

Seperti yang dilansir dari Real Simple, menurut desainer interior Emma Beryl, warna kuning cerah dapat memberikan efek negatif seperti mengganggu tidur. Warna kuning cerah seolah-olah akan menipu otak untuk berpikir bahwa ini adalah siang hari sehingga harus segera bangun.

Kuning cerah dapat meniru matahari dan orang-orang mendapati mereka semakin sulit tidur saat malam hari ketika berada di ruangan yang temboknya berwarna kuning cerah.

Namun, jika Anda adalah penggemar dari warna kuning cerah, Anda bisa menggunakannya di kamar mandi atau mengecat ruangan untuk berjemur.

2. Merah dan oranye

Warna-warna berani dan hangat seperti cat merah dan oranye akan membuat dinding apapun terkesan menonjol, terutama di tempat tidur. Namun, warna-warna tersebut justru pilihan yang salah untuk ruangan yang seharusnya dapat menenangkan penghuninya. Seharusnya, kamar tidur didesain menjadi ruangan yang menyejukkan, tenang, dan tenteram.

Jika Anda menyukai warna tersebut, Anda bisa menggunakannya di tempat lain seperti kantor di dalam rumah, dapur, atau ruang cuci. Meski merah adalah warna penuh gairah, warna yang kuat justru dapat merangsang nafsu makan dan meningkatkan tingkatan stres.

3. Hitam

Mungkin banyak dari kita ingin kamar tidur yang terasa seperti gua. Akan tetapi, warna cat tembok hitam tidak akan menciptakan suasana yang tepat.

Warna cat tembok hitam justru tidak akan memberikan kenyamanan dan tidak mampu menghilangkan stres Anda. Namun, jika Anda ingin ada warna hitam di kamar tidur Anda, sebaiknya dinding Anda dicat warna putih lalu berikan warna hitam di bagian tertentu untuk memberikan kontras.

Anda juga bisa menggunakan meja rias kayu dan meja samping tempat tidur dengan warna hitam agar tetap ada kombinasi antara warna hitam dan warna putih.

Itu tadi beberapa warna cat tembok yang tidak boleh digunakan di dalam kamar tidur Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 30 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS