Keajaiban Daun Kelor, Manfaat Menakjubkan yang Perlu Anda Ketahui

Redaksi Daerah - Selasa, 25 Juni 2024 21:22 WIB
Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Daun Kelor yang Menakjubkan (unsplash.com/@neha1301039)

JAKARTA - Kelor atau yang dalam bahasa Latin disebut Moringa oleifera, adalah tanaman tropis yang dapat Anda kenali lewat daunnya yang berukuran kecil. Pohon ini bisa tumbuh di tanah yang tidak subur dan telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional, pembuatan jamu, dan bahkan untuk ritual mistis.

Daun kelor sendiri memiliki banyak kandungan zat bermanfaat bagi tubuh, sehingga WHO menyebutnya sebagai miracle tree setelah menemukan manfaat penting dari daun kelor. Ada lebih dari 1.300 studi, artikel, dan laporan telah menjelaskan manfaat kelor dalam penyembuhan penyakit dan penanganan masalah gizi.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian tanaman kelor memiliki khasiat yang bermanfaat dalam berbagai cara. Oleh karena itu, simak beberapa khasiat tanaman kelor seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenkes berikut ini.

Manfaat Kesehatan dari Daun Kelor

Berikut adalah beberapa kandungan bermanfaat dari kelor.

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif, terkait dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Daun kelor mengandung quercetin dan asam klorogenik, yang merupakan senyawa antioksidan.

2. Mengandung Nutrisi Penting

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral, termasuk protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin (vitamin B2), vitamin A, dan magnesium.

3. Memiliki Kandungan Anti-inflamasi

Peradangan adalah respons tubuh terhadap infeksi atau cedera, tetapi peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Daun kelor mengandung isotiosianat, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan.

4. Mengandung Senyawa Bermanfaat

Daun kelor mengandung senyawa fenolik, flavonoid, betakaroten, zeaxanthin, tain, dan lutein. Senyawa-senyawa ini bermanfaat untuk kesehatan mata, mengatasi asam lambung, dan menurunkan kolesterol jahat.

5. Sumber Vitamin C

Daun kelor kaya akan vitamin C, yang membantu mencegah penyakit kronis, serangan jantung, dan mempercepat penyembuhan luka. Studi menunjukkan bahwa kadar vitamin C yang tinggi dalam darah dapat mengurangi risiko stroke.

Itu tadi beberapa khasiat dari konsumsi daun kelor untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 25 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS