Ketahui 7 Manfaat Daun Salam yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Redaksi Daerah - Senin, 08 Juli 2024 10:45 WIB
Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Manfaat Menakjubkan dari Daun Salam untuk Kesehatan (Freepik.com)

JAKARTA - Daun salam tampaknya sering ditemukan sebagai bumbu dalam masakan Indonesia. Selain mampu memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan, daun salam juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun salam kaya akan kandungan vitamin dan senyawa seperti vitamin B2, B3, C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid, yang menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kesehatan dari Daun Salam

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun salam seperti yang dirangkum dari laman resmi Kemenkes.

1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Daun salam sering dijadikan sebagai obat herbal untuk asam urat karena mengandung kuersetin, miristin, dan mirisetin yang dapat menurunkan kadar asam urat. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun salam dengan 10 gelas air hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusannya dua kali sehari.

2. Menurunkan Gula Darah, Kolesterol, dan Trigliserida

Daun salam membantu menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, yang berguna untuk mengobati diabetes tipe 2. Antioksidan dalam daun salam meningkatkan efisiensi tubuh dalam memproses insulin.

Jika Anda ingin menggunakan daun salam untuk menurunkan gula darah, kolesterol, dan trigliserida, Anda tinggal mengeringkan daun salam kemudian jadikan bubuk, dan konsumsi rutin dengan menambahkan satu hingga dua sendok teh bubuk ke dalam 200 ml air.

3. Penghilang Rasa Sakit

Minyak atsiri yang terkandung daun salam seperti Eugenol dan Methyl chavicol efektif melawan bakteri dan jamur, serta baik untuk mengobati peradangan dan nyeri seperti keseleo, artritis, dan rematik. Memijat tubuh dengan minyak daun salam juga dapat meredakan migrain dan sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Rebusan daun salam mengandung linalool yang dapat menurunkan hormon stres dalam tubuh, biasanya digunakan dalam aromaterapi untuk mengurangi kecemasan dan stres.

5. Mencegah Hipertensi

Flavonoid yang terkandung di dalam daun salam efektif menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mencegah hipertensi.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asam caffeic dalam daun salam membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air rebusan daun salam yang mengandung vitamin B6, B12, C, dan D dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Rebus 10-15 daun salam segar dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas dan minum secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

Itu tadi beberapa khasiat mengonsumsi daun salam untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 08 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS