KPU Manado Sosialisasi Tahapan Pilkada kepada Media

Joise Bukara - Sabtu, 04 Mei 2024 22:27 WIB

Manado - KPU kota Manado sosialisasikan tahapan Pilkada, wali kota dan wakil wali kota kepada pekerja media, Sabtu, di grand Kawanua hotel.

"Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat, melalui media massa, karena lebih cepat sampai sebab hampir semua masyarakat membaca berita, terutama lewat media digital," kata Plh Ketua KPU Manado, Ramly Pateda, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan, dengan menyampaikan informasi ini melalui media massa, diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada, termasuk ikut menjadi penyelenggara sebagai badan adhoc.



Sementara itu, hadir sebagai pembicara mantan Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor dan ketua Bawaslu kota, Brilliant Johanes Maengko.

Wowor mengatakan, saat ini, tahapan Pilkada sedang berjalan, dimana penyelenggara sedang menyeleksi calon badan adhoc, dan perlu diperhatikan dengan seksama sehingga bisa menghasilkan calon penyelenggara dan kredibel dan berintegritas.

Diapun menambahkan dalam bekerja KPU di daerah adalah implementator atau pelaksana aturan, dan semua dilaksanakan mengacu pada regulasi yang ada. Sehingga regulasi itu yang menjadi pelindung KPU yang bekerja.

Sementara ketua Bawaslu, Brilliant Maengko, menjelaskan tentang tahapan Pilkada dan pengawasan yang dilakukan pada setiap tahap yang dilalui. Dimana ketaatan prosedur dalam pembentukan badan adhoc, keterpenuhan persyaratan pembentukan badan adhoc,
Keterpenuhan anggota dan yang terutama kuota perempuan.

"Namun justru ini yang paling sulit adalah keterpenuhan kuota perempuan, sebab tidak semua perempuan mau terlibat dan menjadi penyelenggara dan menjadi masalah serius yang dihadapi panitia penjaringan," katanya.

Maengko juga mengangkat tentang jaminan atau asuransi bagi penyelenggara, yang disiapkan bagi badan adhoc oleh KPU maupun Bawaslu dan besaran meskipun mengakui masih memang ada jarak yang jauh antara Bawaslu maupun DPRD dengan kementerian keuangan.

Editor: Joise Bukara
Bagikan

RELATED NEWS