KPU Tomohon Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak Kepada Pemilih Pemula

Redaksi - Jumat, 07 Juni 2024 13:23 WIB
Komisioner KPU Kota Tomohon Rojer R. Datu yang juga sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM). (Foto: Istimewa)

Tomohon, Potretmanado -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, di Grand Master Resort, Kamis (06/06/2024)

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Tomohon Albertien Vierna Pijoh didampingi Komisioner KPU Rojer Datu.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rojer Datu menjelaskan bahwa amanah Keputusan KPU Nomor 620 tahun 2024 salah satu sasaran sosialisasi pendidikan pemilih adalah pemilih pemula.

"Kegiatan sosialisasi ini memaparkan dan menjelaskan materi substansi khususnya tahapan, program, dan jadwal pemilu, proses dan tata cara teknis penyelenggaraan pemilihan, tugas dan wewenang KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota," jelas Roger Datu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, materi lain yang relevan dengan tujuan sosialisasi berupa jadwal dan tanggal pemungutan suara pemilihan, hak dan kewajiban pemilih dalam setiap tahapan pemilihan dan informasi yang sesuai terhadap kondisi penyelenggaraan pemilihan di masing-masing wilayah.

"Sedangkan substansi pendidikan pemilih dalam kegiatan pendidikan pemilih pada pemilihan yakni, demokrasi dan partisipasi masyarakat, sistem dan tahapan pemilu dan pemilihan," ujar Rojer Datu.

"Membangun sinergi dan kolaborasi dengan komunitas dan/atau kelompok, manajemen konflik dalam pemilu dan pemilihan. Berupaya menumbuhkan sikap ke sukarelawan dalam pemilu dan pemilihan serta muatan lokal atau materi lain yang relevan dengan tujuan pendidikan pemilih bagi pemilih pemula," tambah Datu.

Hadir pada kegiatan tersebut, Akademisi yang juga sebagai Tenaga Ahli Bawaslu RI DR. Wenly Lolong (Narasumber), Anggota Bawaslu Kita Tomohon Yossi Korah (Narasumber) serta peserta Pemilih Pemula perutusan siswa dari 16 SMA/SMK di Kota Tomohon. (Jor/Fjt)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS