Langkah Instagram Lindungi Remaja dengan Kebijakan Khusus Anti-Pelecehan Online

Redaksi Daerah - Rabu, 19 Juni 2024 21:05 WIB
Instagram Berlakukan Kebijakan Khusus untuk Pengguna Remaja, Hindari Pelecehan Online (freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Platform media sosial milik Meta, Instagram kini semakin memperkuat fitur-fitur yang dimilikinya untuk mencoba melindungi remaja dari upaya pelecehan. Seperti yang telah Anda ketahui, Instagram adalah salah satu platform media sosial yang kini menjadi pusat perhatian dalam hal perlindungan keamanan bagi remaja.

Akan tetapi, Meta memang telah memperkenalkan beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang ketat selama bertahun-tahun bagi orang tua dan remaja untuk melindungi mereka dari penggunaan atau aktivitas yang tidak etis.

Sekarang, Instagram memperkenalkan fitur baru yaitu ‘Limits’ yang memungkinkan pengguna remaja membatasi interaksi mereka dengan teman dekat mereka.

Fitur Limits Instagram untuk Remaja

Seperti yang dilaporkan Techcrunch, Instagram akan menyertakan fitur keamanan tambahan pada ‘Limits’ yang secara khusus dirancang untuk remaja guna melawan pelecehan. Fitur ini akan sepenuhnya membatasi interaksi pengguna dengan orang yang tidak diinginkan atau tidak dikenal dan memungkinkan remaja hanya berinteraksi dengan teman dekat mereka saja.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna remaja hanya akan melihat komentar, pesan, balasan story, tag, dan mention dari teman yang ditambahkan ke daftar, sedangkan untuk pengguna lain fitur ini akan dibungkam sepenuhnya.

Meski fitur Limits ini tersedia untuk semua pengguna, interaksi terbatas hanya akan tersedia untuk pengguna remaja di Instagram. Fitur ini juga akan diaktifkan secara default di pengaturan ‘Close Friend’ yang akan memungkinkan pengguna membatasi terjadinya perundungan dan pelecehan.

Jika pembatasan ini masih tidak sesuai dengan preferensi pengguna, maka pengguna dapat memilih untuk membatasi interaksi dengan ‘recent followers’. Selain itu, ketika pengguna merasa tidak nyaman dengan akun tertentu, mereka dapat membatasi interaksi dengan akun tersebut alih-alih memblokirnya sama sekali. Fitur ini hanya akan menyembunyikan komentar, mention, dan tag.

Tuduhan yang Menyasar ke Meta

Seperti yang dilansir dari HT Tech, Meta Platforms diketahui telah dituduh tidak segera menanggapi masalah kesehatan mental pengguna remaja dengan serius. Beberapa orang tua dari anak remaja telah melaporkan masalah penindasan dan pelecehan di platform tersebut.

Oleh karena itu, untuk melindungi basis pengguna remajanya, Meta telah memperkenalkan beberapa langkah dan fitur keamanan. Seperti yang dilaporkan sebelumnya pada bulan Januari, Meta memperkenalkan fitur yang membatasi pengguna berusia di atas 18 tahun untuk mengirim pesan kepada remaja disertai dengan kontrol orang tua yang ketat. Namun, dengan adanya fitur baru yaitu Limits ini, pengguna Instagram yang remaja akan dengan mudah menghindari terjadinya pelecehan atau perundungan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 19 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS