Langkah-langkah Memulihkan Foto Terhapus di WhatsApp

Redaksi Daerah - Jumat, 28 Juni 2024 13:16 WIB
Tips dan Trik Memulihkan Foto di WhatsApp yang Telah Terhapus (Unsplash)

JAKARTA - Seperti yang telah Anda ketahui, WhatsApp kini menjadi aplikasi perpesanan yang paling populer dan banyak digunakan untuk berbagi foto, video, status, dan masih banyak hal lainnya.

Aplikasi WhatsApp mudah untuk digunakan, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Bahkan, Anda tentu sering mendapatkan banyak foto di WhatsApp baik dari keluarga dan teman.

Namun, terkadang memulihkan foto atau file yang telah dihapus dari obrolan bisa jadi tugas yang sulit untuk dilakukan. Hal ini dapat terjadi terutama apabila Anda menghapus foto WhatsApp langsung dari aplikasi dan file tersebut tidak lagi muncul dalam percakapan.

Selain itu, secara default mungkin file foto tersebut tidak muncul di aplikasi Gallery di ponsel Anda. Jika Anda juga telah menghapus foto atau file dari WhatsApp secara tidak sengaja, Anda harus tahu bahwa ada beberapa cara untuk memulihkannya.

Anda juga dapat melihat bahwa aplikasi tersebut menyimpan semua pesan dan foto secara lokal di ponsel, dan pada saat yang sama WhatsApp akan menjamin privasi Anda dengan menghindari penyimpanan salinan apapun di Cloud. Oleh karena itu, jika Anda belum mengaktifkan pencadangan cloud secara otomatis, maka Anda kehilangan semua foto penting dari WhatsApp setelah dihapus.

Cara Memulihkan Foto yang Telah Terhapus di WhatsApp

Cara Memulihkan Foto yang Telah Terhapus di WhatsApp

1. Cara Memulihkan Foto di WhatsApp yang Telah Tersimpan Secara Otomatis

WhatsApp secara default akan mengunduh foto dari obrolan Anda ke perangkat. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa aplikasi foto di ponsel terlebih dahulu untuk memulihkan foto WhatsApp yang terhapus.

Jika Anda tidak menemukan foto WhatsApp yang dihapus dan Anda menggunakan penyimpanan cloud di ponsel, maka Anda masih punya harapan. Anda dapat memeriksa foto tersebut di dalam Camera Uploads, Camera Roll, atau folder serupa di penyimpanan cloud Anda untuk menemukan foto yang Anda maksud.

2. Cara Memulihkan Foto WhatsApp yang Telah Dihapus oleh Orang lain

Jika Anda tidak menemukan foto yang Anda maksud di ponsel, maka Anda dapat mencari tahu dari orang yang berinteraksi dengan Anda dan memiliki salinan pesan dengan foto yang hilang tersebut.

Anda dapat meminta orang tersebut untuk mencari foto dan mengirimkannya kepada Anda jika mereka masih memilikinya. Namun, jika Anda telah menghapus foto tersebut untuk semua orang, akan menjadi agak sulit untuk memulihkan foto yang Anda maksud.

3. Cara Memulihkan Foto yang Terhapus dari WhatsApp Backup

Anda dapat menemukan opsi pencadangan data WhatsApp di kedua perangkat seperti Android di Google Drive dan iOS di iCloud. Jika Anda mencadangkan obrolan dan foto, maka akan mudah bagi Anda untuk memulihkannya.

Namun, jika Anda belum pernah mencadangkan sebelumnya, maka cara ini tidak akan berhasil untuk Anda. Untuk membuat cadangan obrolan, Anda harus membuka WhatsApp di ponsel Anda, masuk ke menu Setting, lalu opsi Chat, dan ketuk opsi Chat Backup.

4. Cara Memulihkan Foto WhatsApp yang Dihapus dari Ponsel Android

WhatsApp menyimpan semua foto dan video yang dikirim dan diterimanya secara default. Foto dan file tersebut akan disimpan di folder tertentu pada ponsel Android.

Oleh karena itu, ada kemungkinan jika Anda telah menghapus foto tertentu di WhatsApp, Anda masih mungkin menemukannya di folder internal ponsel.

Itu tadi beberapa cara memulihkan foto yang hilang di chat WhatsApp Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 28 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS