Lestarikan dan Kembangkan Budaya Sejak Dini, Dinas Dikbud Kota Tomohon Gelar Festival Seni Budaya 2024

Redaksi - Kamis, 06 Juni 2024 13:42 WIB
Peserta Lomba Tarian Maengket Tingkat SMP pada Festival Seni Budaya 2024 yang digelar Dinas Dikbud Daerah Kota Tomohon. (Foto: Jor)

Tomohon, Potretmanado -- Dalam rangka terus menjaga kelestarian budaya daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon melalui Bidang Kebudayaan, menggelar Festival Seni Budaya Tingkat SD dan SMP se-Kota Tomohon, 5 - 6 Juni 2024.

Festival Seni Budaya yang melombakan Musik Kolintang tingkat SD dan SMP serta Tarian Maengket tingkat SMP itu, dilaksanakan di Anugerah Hall Kelurahan Paslaten Satu Kecamatan Tomohon Timur.

Kepala Dinas Dikbud Daerah Kota Tomohon yang diwakili Sekretaris Dinas Simon Kilis saat membuka kegiatan Festival Seni Budaya pada Rabu 05 Juni 2024 mengatakan,

"Kegiatan ini adalah bagian dari upaya melestarikan kebudayaan nenek moyang kita. Kota Tomohon kaya akan seni dan budaya, sehingga pelestariannya melalui berbagai kegiatan yang salah satunya berupa Festival Seni Budaya saat ini," kata Kepala Dinas Dikbud Daerah Kota Tomohon yang diwakili Sekretaris Dinas Simon Kilis saat membuka kegiatan Festival Seni Budaya pada Rabu 05 Juni 2024.

Lebih lanjut Simon Kilis menyebutkan, Dikbud Daerah Kota Tomohon itu, tak lupa kami memberikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada kepala-kepala sekolah, guru-guru dan pegawai atas keikutsertaannya.

"Terlebih para pelatih kolintang dan maengket serta orang tua para siswa, atas dedikasinya terus menopang sehingga para siswa boleh tampil dengan baik," ucap Simon Kilis.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Ferry Darossa mengatakan, kegiatan yang mengandeng stakeholder dan unsur pendidik sangat penting untuk edukasi dan inspirasi bagi generasi muda, terutama para siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena persekolahan adalah basis budaya," katanya, Kamis (06/06/2024), saat ditemui media disela-sela lomba tarian maengket tingkat SMP.

"Penguatan pondasi nilai-nilai budaya bagi generasi pelajar, menjadi program simultan dari tahun ke tahun. Pelestarian dan pengembangan kebudayaan sejak dini memperkuat jati diri dan karakter para siswa," sambung Kabid Kebudayaan Ferry Darossa. (Jor)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS