Liburan Sekolah Anak Makin Menyenangkan dengan 11 Ide Kreatif Ini

Redaksi Daerah - Rabu, 03 Juli 2024 13:51 WIB
11 Ide Kreatif Mengisi Waktu Luang Anak Selama Liburan Sekolah (Freepik)

JAKARTA – Liburan adalah saat yang ditunggu-tunggu untuk bersantai, beristirahat dari rutinitas sehari-hari, menjelajahi tempat-tempat baru, dan menikmati momen istimewa bersama keluarga serta teman-teman.

Liburan sekolah juga menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para pelajar. Setelah sibuk dengan kegiatan belajar, anak-anak pasti ingin sejenak beristirahat dari rutinitas sekolah.

Nah, biasanya saat libur anak-anak akan memanfaatkan waktunya bermain ponsel. Tidak dapat dipungkiri, handphone atau smartphone merupakan barang yang sangat penting untuk melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, perangkat elektronik ini sudah menjadi bagian integral dari kehidupan anak-anak, tak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk edukasi.

Namun di sisi lain, orang tua perlu memerhatikan penggunaan barang tersebut pada anak untuk menghindari anak kecanduan gadget. Maka dari itu, alih-alih bermain ponsel hingga berjam-jam, untuk mengisi waktu liburan anak-anak, berikut ini adalah kegiatan seru dan positif yang dapat dilakukan anak selama liburan sekolah.

Ide Kegiatan Selama Liburan Sekolah

Ide kegiatan libur sekolah dengan memasak bersama anak. (Freepik)

Berikut ini ide aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang selama liburan sekolah:

1. Bersih-Bersih Rumah

Membersihkan rumah mungkin tidak terdengar begitu menyenangkan, namun orang tua bisa melibatkan si anak dalam kegiatan ini. Orang tua bisa mengajak mereka untuk membersihkan dan merapikan rumah bersama-sama, bahkan menata ulang dekorasi kamar untuk memberikan suasana yang segar dan baru.

Kegiatan ini juga dapat menjadi momen untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab anak-anak, karena merapikan rumah adalah keterampilan dasar yang penting bagi semua orang.

2. Berkebun

Berkebun tidak memerlukan banyak biaya, hanya perlu menyiapkan bibit tanaman, pupuk, dan peralatan berkebun. Nah, di sini orang tua dapat mengajak anak untuk menanam bunga hingga sayuran.

Selain menyehatkan tubuh karena menghirup udara segar yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak, berkebun juga merupakan kesempatan baik untuk mengenalkan anak-anak pada berbagai jenis tanaman, cara merawatnya, dan pentingnya tanaman dalam kehidupan.

Aktivitas berkebun tidak hanya mengisi waktu luang selama liburan, tetapi juga dapat menjadi sarana pendidikan bagi anak-anak dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam.

3. Olahraga

Berlibur bersama keluarga tidak perlu mahal, salah satunya dengan melakukan aktivitas olahraga. Selain memberikan manfaat kesehatan yang baik, olahraga juga merupakan waktu yang sempurna untuk mempererat ikatan keluarga.

Beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan termasuk lari, bersepeda, bulu tangkis, sepak bola, berenang, atau jenis olahraga lainnya. Selain membantu merenggangkan otot yang kaku, aktivitas ini juga memungkinkan untuk lebih mendekatkan diri dengan anak-anak. Selain itu, olahraga juga dapat membantu perkembangan motorik anak-anak.

4. Membaca Buku

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasikan pesan yang disampaikan oleh penulis melalui media tulisan. Aktivitas ini memberikan akses kepada pembaca untuk memperoleh berbagai informasi dan pengetahuan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang menghabiskan waktu liburan sekolah dengan membaca.

5. Belajar Memasak

Memasak bersama menjadi salah satu kegiatan menarik untuk dilakukan bersama keluarga di hari libur. Orang tua (Ibu) dapat mengajak anak untuk memasak makanan favorit mereka bersama. Meskipun aktivitas ini mungkin membuat rumah menjadi sedikit berantakan, namun itu sebanding dengan waktu yang dihabiskan bersama keluarga tercinta.

Melalui kegiatan memasak, Ibu dapat memberikan banyak pelajaran kepada anak-anak, seperti mengenalkan berbagai jenis sayuran, cara memasak yang benar, pentingnya gaya hidup sehat, dan hal-hal lainnya yang bermanfaat.

Memasak bersama juga dapat membantu melatih kemandirian anak-anak, dan keterampilan memasak ini dapat dipergunakan sampai nanti anak dewasa.

6. Menonton

Selama liburan, orang-orang memiliki waktu luang yang cukup panjang. Biasanya, mereka memanfaatkannya dengan menonton berbagai jenis acara seperti drama, kartun, film, dan lain-lain.

7. Pergi ke Taman

Menghabiskan waktu santai di taman sambil menikmati berbagai kegiatan seru merupakan ide liburan yang menyenangkan. Apalagi jika di sekitar rumah terdapat taman yang terbuka untuk umum. Selain gratis, anak-anak juga dapat mengajak teman-temannya untuk bermain dengan bebas, membuat pengalaman liburan semakin menyenangkan.

8. Wisata

Untuk mengisi waktu liburan anak-anak, pergi berwisata merupakan pilihan yang menyenangkan. Orang tua dapat mengajak anak-anak untuk mengunjungi tempat favoritnya. Ini bisa menjadi solusi saat anak-anak merasa bosan selama liburan sekolah di rumah.

Anak-anak dapat diajak untuk menjelajahi berbagai tempat wisata seperti waterpark, pantai, museum, atau berwisata kuliner untuk menikmati berbagai makanan lezat.

9. Kegiatan Sosial

Selama liburan, biasanya kita menghabiskan waktu untuk kegiatan yang bersifat pribadi. Agar lebih beragam, orang tua bisa mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan sosial.

Ini tidak hanya seru dan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan ini dapat membantu mengembangkan rasa empati dan kepedulian sosial pada anak-anak.

10. Berkemah

Salah satu kegiatan menarik selama liburan sekolah adalah berkemah di luar rumah. Dengan liburan yang panjang, anak-anak biasanya merasa jenuh jika hanya beraktivitas di dalam rumah.

Oleh karena itu, berkemah menjadi pilihan yang menyenangkan. Meskipun dapat dilakukan di berbagai tempat, berkemah di lokasi yang menawarkan pemandangan alam yang indah sering menjadi favorit. Misalnya, berkemah di pantai atau di area camping di tempat wisata.

Kegiatan berkemah ini dapat diisi dengan santai sambil menikmati kehangatan api unggun dan memasak bersama-sama.

11. Belajar Berbagai Hal Baru

Belajar hal-hal baru juga dapat menjadi kegiatan yang menarik selama liburan. Misalnya, jika anak tertarik untuk mempelajari alat musik, mereka bisa belajar sendiri melalui sumber-sumber online seperti YouTube, atau meminta bantuan dari orang yang berpengalaman dalam bermain alat musik.

Selain itu, anak-anak juga dapat memilih untuk mengikuti berbagai kursus sesuai dengan minat mereka, seperti kursus melukis, menyanyi, atau menari. Kegiatan ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan mereka, tetapi juga akan menambah skill untuk masa depan.

Itu dia beberapa kegiatan produktif yang dapat dilakukan untuk mengisi kegiatan libur sekolah. Selamat berlibur dan bersenang-senang!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 30 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 03 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS