Malware Ditemukan: Segera Hapus 13 Aplikasi Android Ini

Redaksi Daerah - Selasa, 18 Juni 2024 18:09 WIB
Segera Hapus! Ini 13 Aplikasi Android yang Mengandung Malware (Freepik.com)

JAKARTA - Pakar keamanan siber di McAfee baru-baru ini mengidentifikasi 13 aplikasi berbahaya baru di Google Play Store. Seperti yang dilansir dari Gizchina, aplikasi-aplikasi tersebut dapat menimbulkan risiko serius terhadap privasi dan keamanan pengguna Android.

Aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut dapat menyamar sebagai alat dan utilitas yang berguna, memperoleh izin aksesibilitas yang memungkinkan aplikasi berkomunikasi dengan server berbahaya tanpa sepengetahuan pengguna. Oleh karena itu, pelanggaran tersebut dapat menyebabkan munculnya akses tidak sah ke informasi sensitif dan tindakan yang berpotensi membahayakan perangkat Anda.

Daftar Aplikasi Android Mengandung Malware Berbahaya

Daftar Aplikasi Android Mengandung Malware Berbahaya

Berikut beberapa aplikasi Android yang disebut mengandung malware berbahaya yang harus segera Anda hapus, seperti yang telah dilansir dari Gizchina.

1. Essential Horoscope for Android

Aplikasi ini memiliki kedok menyediakan konten tentang horoskop tapi justru mengakses informasi sensitif Anda tanpa izin.

2. 3D Skin Editor for PE Minecraft

Aplikasi ini menargetkan para gamer, dan berisi kode berbahaya yang mampu membahayakan data pengguna.

3. Logo Maker Pro

Aplikasi ini berkedok menjanjikan pembuatan logo profesional, padahal aplikasi ini mengirimkan data ke server jahat.

4. Auto Click Repeater

Aplikasi ini dirancang untuk mengotomatiskan tugas yang berulang. Akan tetapi, aplikasi ini justru melakukan transmisi data yang tidak sah.

5. Count Easy Calorie Calculator

Aplikasi ini tampaknya memang seolah tidak bersalah, tapi aplikasi ini diketahui mengumpulkan data pengguna secara diam-diam.

6. Sound Volume Extender

Aplikasi ini diklaim mampu meningkatkan volume suara di perangkat, tapi juga sekaligus membahayakan keamanan perangkat.

7. LetterLink

Aplikasi ini berpura-pura seolah mampu menjadi alat peningkat produktivitas, tapi justru terlibat dalam aktivitas jahat di balik layar.

8. Numerology: Personal Horoscope & Number Predictions

Aplikasi yang memiliki kedok mampu membaca horoskop Anda ini mampu menyedot data sensitif pengguna.

9. Step Keeper: Easy Pedometer

Aplikasi ini dirancang sebagai aplikasi pelacak kebugaran. Namun, aplikasi ini justru menimbulkan ancaman pada keamanan.

10. Track Your Sleep

Alih-alih melacak pola tidur Anda, aplikasi ini justru melacak data pengguna dan mengirimkannya ke server yang tidak sah.

11. Sound Volume Booster

Mirip dengan Sound Volume Extender, aplikasi ini juga dapat membahayakan keamanan perangkat dengan dalih meningkatkan suara yang berasal dari perangkat Anda.

12. Astrological Navigator: Daily Horoscope & Tarot

Aplikasi ini seperti aplikasi horoskop lainnya yang memiliki niat jahat yang dapat membahayakan keamanan Anda.

13. Universal Calculator

Aplikasi ini awalnya berkedok sebagai aplikasi yang akan membantu aktivitas Anda, tapi aplikasi ini adalah bagian dari aktivitas berbahaya.

Itu tadi beberapa aplikasi Android yang disebut mengandung malware. Jika Anda mendapati ada aplikasi-aplikasi tersebut di ponsel Anda, maka segeralah menghapus instalan aplikasi tersebut atau uninstal aplikasi tersebut dari perangkat Anda dan periksa aktivitas yang tidak biasa. Anda juga dapat memasang aplikasi keamanan yang andal dan terpercaya untuk memastikan perangkat Anda terbebas dari malware.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 18 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS