Mendiang Akidi Tio Bantu Masyarakat Sumsel Rp2 Triliun

Joise Bukara - Senin, 20 September 2021 20:49 WIB

MANADO - Ungkapan bagai hujan di musim kemarau, tepat menggambarkan kondisi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel). Saat masih belum meratanya bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, baik secara ekonomi maupun kesehatan ada sumbangan dengan angka sangat fantastis diterima sebesar Rp2 triliun dari mendiang Akidi Tio pengusaha keturunan Tionghoa yang dikenal sebagai kontraktor asal Aceh.

Mendiang Akidi Tio melalui anak-anaknya dan dokter yang sempat merawatnya saat sakit menyerahkan sumbang sebesar Rp2 triliun yang diserahkan langsung kepada Kapolda Sumsel,  Irjen Pol Eko Indra Heri, Senin (26/7/2021).

Kapolda mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan untuk kebutuhan penanganan COVID-19 di Sumsel. Menurutnya, amanah tersebut merupakan tanggungjawab yang besar.

“Tanggung jawab kita menyalurkan niat baik keluarga Almarhum Akidi Tio ini agar bisa tersampaikan ke masyarakat. Tentu tetap mematuhi prosedur hukum yang ada,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya akan membuat tim khusus baik dari Polda Sumsel maupun pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel agar proses penyaluran tetap sasaran dan sesuai harapan dari pihak keluarga Almarhum Akidi Tio.

Dokter Keluarga Almarhum Akidi Tio, sekaligus sebagai perwakilan pihak keluarga, Prof dr Hardi Darmawan mengatakan, bantuan tersebut merupakan amanah yang diberikan almarhum Akidi Tio dan direalisasikan para anaknya.

“Dia (almarhumah) punya ada 7 orang. Semua anaknya sudah sukses. Mereka memberikan bantuan kepada Polda Sumsel, karena Pak Eko ini sudah kenal dekat dengan almarhum dan keluarga sejak lama,” ucapnya.

Dia berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan bagi kepentingan warga Sumsel dalam penanganan COVID-19.

“Untuk realisasi sumbangan ini, sepenuhnya kita serahkan kepada pihak Polda Sumsel. Bisa saja untuk kebutuhan vaksinasi, perawatan pasien COVID-19, kebutuhan oksigen dan lain sebagainya,” kata mantan Direktur Rumah Sakit RK Charitas Palembang tersebut.

Sementara berdasarkan penelusuran, almarhum Akidi Tio merupakan kontraktor asal Langsah Aceh dan pernah tinggal di Palembang, bahkan salah seorang dari tujuh anaknya berdomisi di Kota Palembang.

Namun, sejumlah tokoh masyarakat Tionghoa Palembang mengaku tidak begitu mengenal almarhum karena meskipun hari ini mereka juga turut diundang menghadiri penyerahan sumbangan dengan angka yang sangat besar tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan terimakasih yang cukup dalam kepada keluarga besar almarhum Akidi, melalui anak-anak beliau yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di Sumsel yang terdampak COVID-19.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak atas sumbangsihnya. Insya Allah bantuan ini akan segera kita berikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19,” kata gubernur. 

Editor: Joise Bukara
Tags Akidi TioBagikan

RELATED NEWS