Mengulas Allianz Arena: Nilai Ekonomi Stadion Pembuka Euro 2024

Redaksi Daerah - Kamis, 13 Juni 2024 15:46 WIB
Mengulas Nilai Ekonomi Allianz Arena, Stadion Pembuka Euro 2024

JAKARTA – Fussball Arena München, atau yang kini lebih dikenal dengan nama Allianz Arena, akan menjadi saksi dari laga pembuka Euro 2024 yang mempertemukan tuan rumah Jerman melawan Skotlandia. Pertandingan ini akan digelar pada Sabtu dini hari 15 Juni 2024, tepatnya pukul 02:00 WIB.

Allianz Arena adalah kandang bagi dua klub sepak bola asal kota Munchen yang memiliki prestasi bak bumi langit, yakni FC Bayern München yang dalam satu dekade terakhir merajai Bundesliga dan TSV 1860 München yang kini hanya bermain di Bundesliga 3.

Namun demikian, Bayern Munchen juga merasakan kepahitan ketika harus kalah di Allianz Arena saat final Liga Champions 2012. Pasalnya, mereka harus menyerah kepada Chelsea dalam pertandingan yang diakhir dengan babak adu penalti.

Yang menarik dari Allianz Arena adalah desain atap stadion yang transparan sehingga memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam stadion, dan mengurangi kebutuhan akan penerangan buatan selama siang hari. Selain itu, ada banyak sisi unik stadion yang akan diulas TrenAsia di bawah ini.

Naming Rights

Allianz Arena dibuka pada 2005 untuk menggantikan Stadion Olimpiade Munich sebagai markas FC Bayern Munich. Sejak itu, stadion ini telah menjadi tempat untuk berbagai pertandingan sepak bola penting, termasuk pertandingan Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman.

Pembangunan stadion ini dimulai pada tahun 2002 dan selesai pada tahun 2005. Biaya pembangunan Allianz Arena diperkirakan mencapai sekitar €340 juta atau sekitar $370 juta dengan kurs pada waktu itu.

Salah satu kontributor utama dalam pendanaan proyek ini adalah Allianz SE, sebuah perusahaan asuransi besar di Jerman. Kemudian Allianz membeli hak penamaan stadion pada 2005 dengan durasi kontrak selama 30 tahun. Nah oleh sebab itu, stadion ini lebih dikenal Allianz Arena ketimbang Fussball Arena München.

Asumsi Pemasukan Tiket

Allianz Arena sendiri memiliki kapasitas sekitar 75.000 kursi. Harga tiket pertandingan sepak bola dapat bervariasi tergantung pada tempat duduk, lawan, dan jenis pertandingan. Untuk tujuan perhitungan, mari kita asumsikan harga rata-rata tiket adalah €50 per tiket.

Harga rata-rata tiket tersebut diasumsikan menggunakan harga tengah dari tiket pertandingan kandang Munchen di ajang Bundesliga musim 2023/2024 dijual di kisaran €15 termurah hingga €80 termahal. Sementara itu, rata-rata tingkat kehadiran pendukung klub tersebut berada di level 90%.

Jadi, dengan asumsi harga tiket rata-rata €50 dan tingkat kehadiran 90%, maka total pemasukan tiket dari setiap pertandingan di Allianz Arena dapat mencapai sekitar €3.375.000 atau setara Rp59,15 miliar. (Asumsi kurs, Rp17.528,99 per Euro)

Namun, nominal tersebut adalah harga asumsi karena besaran tiket juga berbeda pada setiap kompetisi. Pasalnya, tiket laga kandang Munchen di ajang Liga Champions dibanderol termurah €19 dan termahal €150. Kedua harga tiket tersebut juga belum termasuk fee.

Desain dan Fitur Unik

Allianz Arena terkenal dengan fasad eksteriornya yang dapat berubah warna. Stadion ini ditutupi oleh 2.874 panel ETFE (ethylene tetrafluoroethylene) yang dapat menyala dalam berbagai warna, menciptakan efek visual yang menakjubkan.

Warna-warna ini biasanya berubah sesuai dengan tim yang bermain; merah untuk FC Bayern München, biru untuk TSV 1860 München, dan putih untuk tim nasional Jerman. Fasilitas modern yang dimiliki Allianz Arena termasuk area VIP, restoran, dan ruang pers yang canggih, memastikan pengalaman menonton yang optimal bagi para penonton.

Keberlanjutan Lingkungan

Dalam merancang dan membangun Allianz Arena, perhatian khusus juga diberikan pada keberlanjutan dan dampak lingkungan. Penggunaan ETFE untuk fasad, misalnya, tidak hanya memberikan efek visual yang unik tetapi juga sangat efisien dalam hal isolasi termal. Ini membantu mengurangi biaya pemanasan dan pendinginan stadion.

Selain itu, sistem pengelolaan air yang canggih telah diterapkan untuk memastikan penggunaan air yang efisien. Sistem ini termasuk penangkapan air hujan yang digunakan untuk menyiram lapangan dan kebutuhan lainnya.

Dampak Sosial

Allianz Arena tidak hanya menjadi simbol kebanggaan bagi penduduk München, tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Stadion ini menarik ribuan wisatawan setiap tahun, yang berkontribusi pada perekonomian lokal melalui pariwisata dan kegiatan terkait sepak bola.

Di sisi lain, Allianz Arena juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya. Stadion ini sering digunakan untuk konser, acara komunitas, dan berbagai kegiatan non-sepak bola lainnya. Dengan demikian, Allianz Arena telah memperkuat posisinya sebagai landmark penting dalam lanskap sosial dan budaya München.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 13 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 13 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS