Minahasa Utara Menuju Daerah Digitalisasi

Mike - Kamis, 30 Juni 2022 16:14 WIB
Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulong saat membuka sosiaslisasi. (Foto:istimewa)

MINUT - Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE bersama Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH MH (JGKWL) membuka sosialisasi Penggunaan Sertifikat Elektronik (SE) dan Launching Tanda Tangan Elektronik (TTE) di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (28/06/2022).

Bertempat di lantai 2 aula kantor Bapelitbang Minut kegiatan ini dihadiri oleh Badan Siber dan Sandi Negara, Pimpinan SKPD, Staf Ahli, Kepala Bagian di Sekretariat Pemkab Minut.

Dengan Gelaran acara tersebut membuktikan bahwa Pemkab Minut siap masuk era globalisasi digital menuju tata kelola pemerintahan yang baik atau Go Digital.

Bupati JG berharap hal tersebut dapat di laksanakan dengan baik bagi seluruh instansi dan dinas-dinas harus melakukan peningkatan akselerasi agar bisa meningkatkan pelayanan baik berupa surat menyurat ataupun dokumen penting yang harus segera dilaksanakan, dijalankan agar terpenuhi dengan cepat.

“Dengan hadirnya tanda tangan elektronik maka akan berdampak sangat besar terhadap pelayanan masyarakat. Atas nama Pemerintah Kabupaten dan pribadi memberikan apresiasi kepada BadanSiber dan Sandi Negara atas eksistensi, dedikasi, bimbingan dan sosialisasi dalam percepatan penggunaan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik, ” tutur Bupati JG dalam penyampaiannya.

Tatian Saputra ST, mewakili Badan Sandi Negara mengatakan jika penggunaan SE-TTE ini sesuai sesuai dengan Perpres 95 Tahun 2018 tentang Penggunaan SPBE.

“Positifnya adalah Dokumen yang sudah ditandatangi menggunakan SE tidak dapat diubah. Akan dapat langsung diketahui sebagai apabila ada yang melakukan pemalsuan dokumen,” terang Tatian Saputra.

Sementara itu, Kadis Kominfo Minut Max Hurara menerangkan bahwa penerapan Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Elektronik bertujuan untuk meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.(Mike)

Editor: Mike

RELATED NEWS