MK Selesai, KPU Tetapkan Kursi dan Legislator DPRD Manado

Joise Bukara - Selasa, 28 Mei 2024 15:04 WIB

Manado - Menyusul selesainya tahapan perselisihan hasil pemungutan suara (PHPU) di MK, maka KPU Manado menggelar pleno penetapan jumlah kursi dan legislator yang akan duduk di DPRD ibukota Sulawesi Utara, Selasa, di four point hotel.

Pleno tersebut dipimpin ketua KPU Ferley Kaparang, didampingi empat komisioner masing-masing, Hazrul Anom, Ismail Harun, Ramly Pateda dan Patricia Kuhu, dihadiri pula oleh Ketua dan Pimpinan Bawaslu Manado, Brilliant Maengko dan Heard Runtuwene, Kapolres Manado, Kombes Pol. Julianto Sirait, Dandim 1309 Manado, Kolonel Inf. Himawan Teddy Laksono, Asisten I Sekretariat Daerah Kota Manado, Julises Oehlers, Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Manado, Yuming Singal, dan wakil partai politik.

Ferley Kaparang, mengatakan, dalam pleno tersebut, KPU Manado menerbitkan dua SK, masing-masing bernomor 274 tentang penetapan jumlah kursi dan 275 tentang penetapan legislator yang duduk di DPRD Manado.

"Dalam SK ini KPU menetapkan PDIP meraih 16 kursi, sebagai pemenang pemilu legislatif, kemudian diikuti Gerindra 6 kursi, Golkar 5 kursi, demokrat 5 kursi, PKS 2 kursi, perindo 2 kursi, Nasdem 2 kursi, PAN 1 kursi, PSI 1 kursi," kata Kaparang.

Dia mengatakan partai yang memiliki kursi di atas lima punya keterwakilan di lima dapil, sedangkan yang lima kebawah hanya punya wakil di empat Dapil bahkan di satu saja, bagi yang punya satu kursi.

Secara rinci dia menyebutkan, Dapil Manado 1 kuota 8 kursi, Gerindra meraih 1 kursi, PDIP 3, Golkar 1, Demokrat 1, PSI 1, Perindo 1, Dapil Manado dua, dengan jumlah perolehan tujuh kursi, dengan pembagian Gerindra 1 kursi, PDIP 4, Golkar 1, dan Demokrat 1.

Manado 3, ada 8 kursi, Gerindra 2 kursi, PDIP 3, Nasdem 1, PKS 1, PAN 1 kursi. Dapil Manado empat ada 10 kursi, Gerindra 1, PKS 1 kursi, PDIP 4, Golkar 1, nasdem 1, PD 1 kursi dan Perindo 1. Kemudian di Dapil Manado 5, Gerindra mendapatkan 1 kursi, PDIP 2 kursi, Golkar 2 kursi, dan Demokrat 2 kursi.

Editor: Mike
Bagikan

RELATED NEWS