Nama Telly Pinasang, Disebut-sebut Berpeluang Jadi Sekwan

Joise Bukara - Jumat, 26 April 2024 22:26 WIB

MANADO - Terhitung mulai 1 Mei 2024, Sekretaris DPRD Manado, Drs. Hery Saptono, akan memasuki masa purna bakti. Otomatis jabatan Sektaris DPRD Manado, akan berpindah kepada yang lain. Para pejabat yang pernah menduduki sejumlah posisi di DPRD Manado pun mulai disebut punya kans menduduki jabatan tersebut.

Sejumlah namapun mulai disebut-sebut untuk menduduki jabatan strategis tersebut. Para pejabat yang punya pengalaman di DPRD Manado pun, mulai disebut-sebut akan menduduki posisi strategis tersebut.

Telly Pinasang, SE, MSi, menjadi salah satu, nama yang disebut-sebut paling layak menduduki posisi tersebut. Telly yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manado itu, menjadi salah satu orang yang paling disebut layak menduduki jabatan tersebut.

Sebelum menjadi Sekretaris di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Telly menjadi salah satu kepala bidang di perangkat daerah tersebut. Sebelumnya, dia adalah salah satu pejabat eselon 3A, di Sekretariat DPRD Manado.

lebih dari lima tahun, Telly menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan di Sekretariat DPRD Manado. Mengendalikan berbagai urusan bagian keuangan, dimana sekretaris di instansi tersebut sudah berganti-ganti, serta beberapa ketua DPRD mulai dari Danny Sondakh hingga Noortje Van Bone.

Sempat dimutasi ke perangkat daerah lain, namun kinerjanya yang baik, membuatnya tetap menjadi figur yang dianggap cocok menjadi sekretaris DPRD.

Pemerhati pemerintahan dan Parlemen, Terry Umboh, mengatakan, figurnya Telly Pinasang, dianggap cocok, karena paling memahami kondisi di Sekretariat DPRD. Umboh mengatakan, dia tepat untuk menjadi jembatan antara DPRD sebagai pengawas sekaligus pelaksana pemerintahan daerah bersama dengan wali kota dan wakil wali kota, serta memahami seluk beluk masalah keuangan.

"Telly Pinasang itu cocok berada di posisi itu. Bukan soal pengalaman saja, karena para birokrat di Manado tentu saja semuanya berpengalaman. Tetapi tidak semua memahami bagaimana mengatur sekretariat DPRD, sebab harus bisa mendengarkan suara 40 wakil rakyat Manado, dan itu bukan persoalan mudah," kata pemerhati pemerintahan Manado, Terry Umboh, di Manado.

Terry Umboh, menyebut, Telly menjadi figur yang tepat karena berpengalaman mengurus para legislator selama menjadi sebagai salah satu kabag di sekretariat DPRD Manado, selama bertahun-tahun.

"Telly itu dianggap figur yang memahami jalan pikiran para legislator. Sehingga dianggap bisa menjadi sekretaris DPRD, sebab dinilai semua memiliki persyaratan untuk jabatan tersebut. Sebab sudah berkali-kali menjabat dalam posisi eselon 3 baik A maupun B," kata Umboh.

Editor: Joise Bukara
Tags pINASANG Bagikan

RELATED NEWS