Panduan Melindungi Peralatan Elektronik Agar Aman dari Kebakaran Saat Kemarau

Redaksi Daerah - Rabu, 12 Juni 2024 17:24 WIB
Cara Melindungi Peralatan Elektronik Rumah Tangga Agar Tidak Terbakar Selama Musim Kemarau (Freepik)

JAKARTA - Beberapa wilayah di Indonesia saat ini mungkin sedang mengalami musim kemarau atau cuaca panas. Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa cuaca panas juga dapat menimbulkan kebakaran.

Seperti yang dilansir dari HT Tech, temperatur lingkungan yang tinggi ditambah dengan peningkatan penggunaan listrik selama gelombang panas dapat memicu lonjakan listrik, merusak sirkuit internal, dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Penyebab Kerusakan Peralatan Saat Panas Ekstrim

1. Suhu Sekitar yang Tinggi

Panas yang ekstrim dapat menyebabkan peralatan menjadi terlalu panas, sehingga menyebabkan kegagalan komponen. Oleh karena itu penting untuk melakukan perawatan rutin, termasuk pembersihan filter dan ventilasi untuk memastikan aliran udara dan pendinginan yang baik.

2. Lonjakan Listrik

Gelombang panas sering kali menimbulkan peningkatan penggunaan listrik dan lonjakan listrik berikutnya. Hal itu dapat merusak sirkuit internal.

Oleh karena itu penting untuk menggunakan pelindung lonjakan arus yang dapat melindungi peralatan terutama barang elektronik sensitif seperti komputer dan televisi.

3. Mengurangi Efisiensi

Cuaca panas memaksa peralatan bekerja lebih keras sehingga mengurangi efisiensi dan masa pakainya. Penting untuk menempatkan peralatan di area yang berventilasi baik dan jauh dari sinar matahari langsung karena dapat membantu menjaga suhu pengoperasian tetap optimal.

Tips Melindungi Peralatan Elektronik dari Panas Ekstrim

1. Ponsel, Laptop, dan Tablet

Batasi penggunaan saat berada di luar ruangan, lepaskan case jika perangkat terlalu panas, dan simpan di tempat sejuk selama perjalanan. Anda juga dapat beralih ke low power mode untuk menghemat baterai dan mencegah panas berlebih.

2. Lemari Es dan Freezer

Pastikan segel pintu tetap rapat, bersihkan kumparan secara teratur, dan jaga jarak yang cukup untuk ventilasi.

3. Pendingin Udara

Ganti atau bersihkan filter secara teratur, periksa level cairan pendingin, dan naungi unit eksternal untuk mencegah panas berlebih.

4. Mesin Cuci dan Pengering

Pastikan ventilasi yang baik, bersihkan filter serat dan ventilasi pembuangan, serta hindari memberikan berlebih untuk mencegah ketegangan motor.

5. Perangkat Elektronik

Cabut steker saat cuaca panas sedang memuncak untuk mencegah kerusakan akibat lonjakan listrik. Anda juga dapat menggunakan bantalan pendingin untuk menghilangkan panas dari laptop dan perangkat lainnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah peralatan elektronik rumah tangga agar tidak terbakar saat musim kemarau.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 12 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS