Pastikan Pemutakhiran Data Lancar, KPU Manado Bimtek PPS-PPK

Mike - Jumat, 21 Juni 2024 11:29 WIB

Manado Potretmanado - Memastikan semua tahapan pemutakhiran data pemilih berjalan dengan benar, KPU Kota Manado, menggelar bimbingan teknis yang dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan seluruh panitia adhoc tingkat kecamatan dan kelurahan.

Ketua Divisi Data KPU Kota Manado, Ismail Harun, SE, mengatakan, pihaknya mau agar semua informasi mengenai apa yang harus dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dapat tersampaikan dengan baik kepada mereka.

"Kami menggelar Bimtek, agar semua PPK dan PPS punya pemahaman yang sama mengenai tugas Pantarlih dan menyampaikannya dengan benar, kepada para petugas coklit itu, terutama punya pengetahuan yang benar tentang pencocokan dan penelitian data, "kata Ismail Harun.

Selain itu, katanya yang terutama adalah mewajibkan seluruh Pantarlih untuk ikut dalam Bimtek sehingga bisa tahu dengan benar tugasnya nanti.

Mengenai tugas Pantarlih, dia mengatakan seperti juga di pemilu dan pemilihan kepala daerah sebelumnya, mereka wajib melakukan pencocokan dan penelitian untuk memutakhirkan semua data pemilih, namun untuk Pilkada ini ada pengecualiannya.

"Untuk Pilkada ini, kami membuat pengaturan baru untuk satu TPS yang jumlah pemilihnya dibawah 400 orang, hanya akan ditangani 1 pantarlih, sedangkan jika diatas 400 akan dicoklit oleh 2 orang Pantarlih,"katanya.

Sebab itu, dia mengatakan, KPU Manado akan merekrut sebanyak 1.327 orang Pantarlih, untuk melakukan pemutakhiran data pemilih di Manado selama waktu yang ditetapkan.

Editor: Joise Bukara
Bagikan

RELATED NEWS