Peringatan Keamanan WhatsApp, Ini Cara Efektif Mengontrol Siapa yang Melihat Data Anda

Redaksi Daerah - Rabu, 05 Juni 2024 17:42 WIB
Peringatan Keamanan WhatsApp! Ini Cara Mengontrol Siapa yang Dapat Melihat Data Pribadi Anda (Unsplash)

JAKARTA - Seperti yang telah Anda ketahui, di era digital seperti sekarang, privasi adalah isu yang krusial. Meski memiliki identitas digital tetap penting, Anda tetap perlu melakukan beberapa hal untuk melindungi identitas digital Anda.

Tak dapat dipungkiri, upaya tersebut kini jadi sebuah tantangan tersendiri, terutama di media sosial dan platform pesan instan, yang dulu sering jadi sasaran tuduhan pemaparan data. Oleh karena itu, Anda bisa mengontrol siapa yang dapat melihat data pribadi Anda dengan memanfaatkan fitur Privacy Checkup di WhatsApp.

Fitur tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna untuk semua preferensi privasi, termasuk opsi untuk memilih siapa yang dapat menghubungi Anda, mengontrol informasi pribadi Anda, dan masih banyak lagi.

Fitur tersebut juga memudahkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan privasi dengan preferensi Anda, sehingga dapat meningkatkan keamanan akun Anda. Fitur ini juga menawarkan panduan langkah demi langkah untuk menyederhanakan proses, memastikan pengguna memiliki kendali atas siapa saja yang bisa menghubungi dan mengakses informasi pribadi mereka.

Cara Menggunakan Fitur Privacy Checkup di WhatsApp

  1. Navigasikan ke menu Settings di WhatsApp dengan mengetuk ikon ‘More Options’.
  2. Pilih ‘Privacy’.
  3. Ketuk banner ‘Start checkup’ yang ditampilkan di bagian atas layar.
  4. Setelah dimulai, Anda bisa menyesuaikan pengaturan privasi di beberapa pilihan seperti berikut.

Memilih Siapa yang Dapat Menghubungi Anda

Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat menghubungi Anda dan secara efektif mengelola panggilan dan pesan yang tidak diinginkan. Pilihan ini termasuk opsi untuk mengontrol penambahan grup, membungkam penelepon tidak dikenal, dan mengelola kontak yang diblokir.

Mengontrol Informasi Pribadi

Bagian ini akan memudahkan Anda untuk menentukan audiens untuk detail pribadi seperti status dan aktivitas online. Anda dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat foto profil Anda dan melihat status terakhir dilihat, dan melacak tanda terima telah dibaca.

Meningkatkan Privasi di Obrolan

Anda dapat membatasi akses ke pesan dan media untuk memperkuat privasi dan percakapan. Kemudahan ini melibatkan pengelolaan pengatur waktu pesan default dan memastikan keamanan backup yang terenkripsi end-to-end.

Menambahkan Perlindungan Akun

Pada bagian ini, Anda dapat melindungi akun Anda dengan beberapa lapisan keamanan tambahan. Hal itu termasuk mengaktifkan kunci sidik jari dan menyiapkan dua langkah verifikasi untuk mendapatkan perlindungan tambahan terhadap adanya akses yang tidak sah.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur privasi dan keamanan di WhatsApp. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 05 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS