Pesta retail "torang Bisa" SRC rangkul toko kelontong Sulut hingga Papua

Joise Bukara - Senin, 05 Desember 2022 19:32 WIB
Pesta Retail Torang Bisa di Manado

MANADO, PT HM Sampoerna Tbk, melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten, mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC).

Upaya tersebut terbukti memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Kini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing.
Dengan demikian, mereka siap bersaing sesuai kebutuhan zaman dan turut mendukung perekonomian Indonesia.

Dalam rangka merayakan kesuksesan toko kelontong SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, SRCIS menggelar Pesta Retail Torang Bisa di Lapangan Megamas Manado, 3 Desember 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Manado, Tonny Mamahit, yang memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong Indonesia, mengatakan, acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November – 18 Desember 2022.

Mamahit yang hadir dalam acara tersebut, sebagai bentuk dukungan mengatakan, pesta retail yang digelar di berbagai wilayah di Indonesia ini juga didukung oleh pemerintah daerah, termasuk Manado.

“Pemerintah mengharapkan Paguyuban ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pelaku-pelaku UMKM yang ada di provinsi Sulawesi Utara. Lewat pelaku-pelaku UMKM, perekonomian di Sulawesi Utara akan lebih ditingkatkan dan maju di kemudian hari,” katanya.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.
“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju.
Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.
“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.

Dia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan.

“Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Torang Bisa akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Manado.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada.

Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Oleh karena itu, selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya.

Pesta Retail Torang Bisa digelar dengan tujuan untuk mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen yang turut menghadirkan ribuan toko kelontong SRC yang berlokasi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Ambon, Ternate, Papua dan Papua Barat, dan juga menjadi sarana hiburan rakyat bagi masyarakat.

Melalui kegiatan ini, diharapkan eksistensi toko kelontong makin nyata dan dapat relevan bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

Selain memamerkan produk-produk andalan pelaku UMKM dan toko kelontong, acara ini juga menghadirkan hiburan rakyat dari masing-masing daerah dalam rangka memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia. Pesta Retail Torang Bisa juga didukung oleh AQUA, BRI, dan KFC.

Editor: Joise Bukara
Tags SRCBagikan

RELATED NEWS