Pulang Ngantor, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Naik Angkot

Mike - Kamis, 04 Agustus 2022 16:08 WIB
Wali Kota BItung Maurits Mantiri dan Wawali Hengky Honandar naik angkot saat pulang kerja dari Kantor Walikota. (Foto:Istimewa)

BITUNG - Dihari tanpa kendaraan bermotor, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar memilih naik angkot setelah selesai melaksanakan tugas sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Kantor, Kamis (04/08/2022).

Wali Kota Maurits Mantiri nampak mencegat angkot di jalan umum dan langsung naik bersama dengan para pengawal pribadi. Kemudian memilih duduk di pintu masuk angkot berdampingan dengan seorang penumpang yang sudah lebih naik angkot.

Supir angkot terlihat kaget melihat orang nomor 1 di Kota Bitung menaiki angkotnya untuk pulang kembali ke kediamannya.

Kesempatan tersebut dimanfaatkannya untuk berdialog dengan Wali Kota Maurits Mantiri sebagai menyampaikan apresiasi terhadap kebijakan Pemerintah Kota (Bitung) dengan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor yang memberi dampak positif bagi para supir angkot.

"Bagus ini Pak Wali ada ator ini," ungkapnya sambil tertawa.

Dia mengaku, kebijakan tersebut dapat meningkatkan pendapatan para supir. Pasalnya, sebelum adanya Hari Tanpa Kendaraan Bermotor, mereka sangat sulit mendapatkan penumpang sehingga sangat berpengaruh pada pendapatan mereka.

Wali Kota Maurits Mantiri kemudian menanyakan pendapatan para supir angkot saat melakukan aktivitas kerja setiap hari.

"Berapa pendapatan para supir sekarang," tanya Wali Kota Maurits Mantiri.

Menurut supir, pendapatan mereka dalam sehari mencapai Rp250 ribu sampai Rp300 ribu, kemudian disetor kepada pemilik kendaraan Rp150 ribu.

Maurits Mantiri kemudian berdialog dengan penumpang yang duduk bersebelahan dengannya sembari bertanya tarif angkot yang kemudian dijawab dengan menyebut Rp5 ribu dengan jarak jauh dan dekat.

Wali Kota Menyebutkan, kebijakan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor baru diuji coba oleh Pemkot Bitung di bulan Agustus.

"Ini baru uji coba sampai bulan Agustus. Kalau teman-teman ASN dan THL bersedia akan diberlakukan sepanjang tahun," ujar Wali Kota Maurits Mantiri.

Setibanya di depan kediamannya, Maurits Mantiri langsung mengeluarkan uang ongkos angkot untuk dirinya dan semua penumpang yang ada didalam angkot.

Ditempat berbeda, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar bersama para pengawal pribadi juga memanfaatkan angkot untuk kembali ke kediaman usai melakukan tugas di kantor Walikota. (Mike)

Editor: Mike

RELATED NEWS