Rekomendasi Film Dokumenter Burning Sun, Investigasi Skandal Seks K-Pop

Redaksi Daerah - Selasa, 21 Mei 2024 11:50 WIB
Rekomendasi Film Dokumenter Burning Sun, Sebuah Investigasi Skandal Seks K-Pop oleh 2 Jurnalis Korea (bbc.co.uk)

JAKARTA - Baru-baru ini tepatnya pada Minggu, 19 Mei 2024, BBC merilis film dokumenter berjudul “Burning Sun - Exposing the Secret K-Pop Chat Groups” , di saluran YouTube BBC World Service. Film berdurasi satu jam tersebut berupaya untuk menguak perjalanan mengerikan tentang dua jurnalis Korea Selatan bernama Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon yang sedang mengungkap skandal seks menyangkut sejumlah artis K-Pop.

Dilansir dari bbc.co.uk, saat itu, Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon bertugas menginvestigasi kebenaran yang meresahkan dengan kerugian pribadi yang besar dari sebuah klub malam di Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Cerita dimulai pada tahun 2016 ketika Park Hyo Sil meliput tuduhan pacar Jung Joon Young yang mengklaim adanya video seks yang direkam secara diam-diam (Molka).

Kemudian, polisi menyelidiki Jung atas laporan wanita tersebut, tapi Jung menolak untuk memberikan ponselnya. Dia meminta pengacaranya untuk meninggalkan ponselnya pada perusahaan forensik swasta selama penyelidikan polisi. Kasus tersebut selesai dengan permintaan maaf dari mantan kekasih Jung, sehingga Jung terlihat tidak bersalah dalam hal ini.

Tiga tahun kemudian, seorang informan anonim yang memiliki akses terhadap ponsel Jung memutuskan untuk membocorkannya.

Informasi tersebut sampai ke tangan Kang Kyung Yoon, seorang reporter hiburan di stasiun penyiaran terbesar Korea, SBS. Data tersebut berisi pesan obrolan KakaoTalk milik Jung dari tahun 2015 dan 2016. Beberapa pesan tersebut mengandung bukti bahwa dua bintang tersebut, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon, mantan gitaris FT Island, terlibat dalam pemerkosaan seorang wanita secara beramai-ramai.

“Hati saya masih sakit ketika memikirkan hal itu,” kata Kang dalam dokumenter tersebut mengenai responsnya ketika menemukan video dan gambar seksual eksplisit dari wanita yang tidak sadarkan diri, yang melibatkan Jung dan bintang K-pop pria.

Kejahatan mereka yang sebenarnya tidak akan pernah terungkap jika data telepon Jung Joon Young tidak dibocorkan. Dari data ponsel tersebut, tidak hanya terungkap perilaku Jung Joon Young dan idola pria lain dalam grup obrolan, tetapi juga mengungkap rahasia di balik klub malam ternama di Gangnam, Burning Sun, di mana salah satu temannya, bintang Big Bang Seungri, menjadi DJ dan CEO.

Wanita-wanita diserang dengan menggunakan obat bius di dalam klub dan dilecehkan secara seksual oleh pria yang menghadiri klub tersebut.

Disebutkan dinding di bawah klub tersebut begitu tebal sehingga tidak mungkin ada yang tahu apa yang terjadi, tetapi semuanya terungkap karena data ponsel Jung Joon Young. Dari percakapan mereka juga terungkap mengapa kelompok ini merasa kebal hukum, karena mereka dilindungi oleh kontak senior polisi.

Sebagai akibat dari berbagai tuduhan yang dihadapinya, Seungri sendiri dihukum penjara selama 18 bulan. Sementara itu, Jung Joon Young dijatuhi hukuman lima tahun penjara dan Choi Jong Hoon dua tahun enam bulan. Ketiganya kini telah kembali hidup bebas.

Tokoh Utama Atas Terbongkarnya Kasus Burning Sun

Dalam dokumenter tersebut, seorang wartawan membongkar jika Goo Hara merupakan tokoh utama yang membantu membongkar kasus Burning Sun pada media.

Wartawan Kang, mengaku jika dirinya dihubungi Goo Hara saat sedang mencari tahu soal informasi terkait kepala polisi yang terlibat kasus Burning Sun.

“Itu adalah kunci penting (identitas kepala polisi yang terlibat), itu adalah sesuatu yang sangat sulit kami ungkap dan Goo Hara muncul membuka pintunya,” katanya.

Wartawan Kang kemudian menceritakan bagaimana Goo Hara pertama kali menghubunginya saat itu. “Aku masih ingat hari itu, dia (Goo Hara) bilang, bu wartawan, saya Hara. Aku masih ingat suaranya, dia mengatakan, aku ingin sekali membantumu.”

Menurut pengakuan wartawan Kang, Goo Hara memiliki hubungan dekat dengan Choi Jong Hoon. Choi Jong Hoon sendiri berteman dekat dengan Seungri eks Bigbang dan Jung Joon Young yang semuanya terlibat dalam skandal Burning Sun.

Karena kedekatan mereka, Goo Hara mengatakan kepada wartawan bahwa dia bisa melihat ponsel dari ketiga kenalannya itu. Goo Hara kemudian mengungkapkan, saat itu memang banyak hal aneh yang terjadi dan dia ingin membantu wartawan.

“Aku bilang ke dia (Goo Hara), sejujurnya aku ingin thau identitas dari kepala polisi itu, tapi aku tidak punya cara. Jadi, apa kamu tahu sesuatu yang berkaitan dengan dia? Hara, apakah kamu bisa membantuku?”

Goo Hara langsung bertanya pada Choi Jong Hoon terkait identitas dari kepala polisi tersebut.

“Choi Jong Hoon bilang padaku katanya, polisi itu bukan karakter fiksi. Dia adalah polisi bernama Yoon Gyungeun. Dia sebenarnya adalah polisi. itu yang dikatakan Choi Jong Hoon dengan lantang, dia membantu kami,” kata wartawan Kang.

Lebih jauh lagi terungkap bahwa Goo Hara juga menjadi salah satu korban dari video hubungan seksual yang disebarkan karena balas dendam. Wartawan Kang mengungkapkan bahwa apa pun yang ia katakan, Goo Hara tetap fokus ingin membantu karena ia juga menjadi salah satu korban.

Berkat bantuan Goo Hara, wartawan Kang dalam waktu dua hari dapat membongkar kasus Burning Sun melalui dua artikel penting yang ditulisnya. Mengingat bantuan Goo Hara, wartawan mengaku sangat berterima kasih pada mendiang. Kang juga memuji Goo Hara sebagai seorang wanita yang sangat berani.

Sementara, Goo Hara telah meninggal dunia pada tahun 2019 lalu usai memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 20 May 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 21 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS