Rekomendasi Olahan Daging Khas Nusantara untuk Meriahkan Iduladha

Redaksi Daerah - Rabu, 19 Juni 2024 13:19 WIB
Rekomendasi Hidangan Iduladha Khas Nusantara Berbahan Dasar Daging (Wonderful Indonesia)

JAKARTA - Saat merayakan Iduladha masyarakat akan banyak menerima daging. Daging kurban dapat dimasak dengan berbagai macam hidangan yang menggugah selera.

Di Indonesia ada beragam jenis kuliner tradisional yang berbahan dasar utama daging. Berikut adalah beberapa masakan khas Indonesia yang berbahan dasar daging.

Rekomendasi Masakan Khas Iduladha Berbahan Dasar Daging

1. Rendang Sumatera Barat

Rendang merupakan masakan khas Sumatera Barat atau Minangkabau yang menggunakan bahan utama daging. Masakan ini menggunakan berbagai macam rempah dan santan yang diproses hingga kuah berubah warna menjadi gelap kehitaman.

2. Rawon Jawa Timur

Rawon merupakan masakan berkuah khas Jawa Timur yang dimasak menggunakan daging dan rempah bernama kluwak. Daging direbus dan dimasukkan ke kuah hitam saat sudah matang dicampur dengan nasi dan telur asin.

3. Sate Karak Surabaya

Olahan daging selanjutnya khas Jawa Timur atau Surabaya adalah sate karak. Sate kara biasanya menggunakan jeroan sapi yang dipotong kecil-kecil dan dimarinasi dengan bumbu rempah kecap.
Sate karang biasanya dihidangkan bersama dengan nasi ketan hitam, kenyalnya jeroan sapi menjadi tekstur tersendiri dalam kuliner Surabaya ini.

4. Soto Betawi Jakarta

Olahan berkuah lainnya yang bisa dimasak menggunakan Daging adalah soto betawi. Kuliner khas Jakarta ini dimasak dengan kuah santan atau campuran susu biasanya tak hanya daging tapi jeroan, babat, hati, paru, usus, kikil dapat menjadi isian dari soto tersebut.

5. Rabeg Banten

Berasal dari Banten, rabeg terbuat dari daging kambing. Dilengkapi pula dengan jeroan dan tulang kambing. Kuahnya berwarna cokelat kehitaman yang cukup pekat. Dimasak dengan rempah-rempah, seperti biji pala, lada, lengkuas, cabai rawit, kayu manis, dan jahe. Cita rasa rabeg khas Timur Tengah, yakni perpaduan gurih, manis, dan sedikit pedas.

6. Gulai

Gulai merupakan masakan berkuah santan yang biasanya dimasak menggunakan berbagai macam olahan protein terutama daging sapi. Gulai diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercita rasa gurih.

Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 18 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 19 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS