Ronny Sompie Figur Inspirator dan Motivator Pelestarian Adat Budaya Tanah Malesung

Mike - Minggu, 17 Desember 2023 06:56 WIB
Irjen Pol. (Purn) Ronny Sompie. (Foto:Istimewa)

Manado, Potretmanado -- Kepedulian Irjen Pol. (Purn) Ronny Franky Sompie terhadap pelestarian budaya ada Minahasa, Sulawesi Utara patut diapresiasi.

Pasalnya, hingga kini Ronny Sompie yang adalah mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu terus mengambil peran mempromosikan potensi budaya Minahasa kepada dunia.

Kepada media ini, Ronny Franky Sompie yang diketahui sebagai calon anggota DPR RI dari Golkar Dapil Sulawesi Utara itu mengatakan adat Minahasa adalah warisan budaya di daerah tersebut.

"Warisan budaya tanah Malesung atau asal mula nama daerah sebelum disebut Minahasa, kaya dan unik yang harus dijaga dan dilestarikan," kata Ronny Sompie, Sabtu (16/12/2023).

Lebih lanjut, putra kawanua yang memiliki karir gemilang di institusi Kepolisian RI ini mengungkapkan, zaman generasi muda kurang minat terhadap pelestarian adat dan budaya Minahasa.

Karenanya, Ronny Sompie terus menunjukkan kepeduliannnya, berjuang keras untuk memperkuat dan melestarikan adat dan budaya daerah Minahasa yang dijuluki tanah Toar Lumimuut.

"Adat Minahasa adalah salah satu identitas budaya khas yang harus dijaga dan dilestarikan. Karenanya, saya memulai berbagai inisiatif mengeksplorasi dan menggelorakan semangat melestarikan keanekaragaman adat dan budaya Minahasa dengan cara turun langsung ke berbagai situs adat, bertemu masyarakat, dan mensosialisasikan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya," ujar Sompie.

"Saya berupaya semaksimal mungkin agar adat dan budaya Minahasa dapat dikenal masyarakat luas, baik wisatawan maupun warga lokal," sambungnya.

Peran aktif Ronny Sompie dalam upaya melestarikan adat dan budaya Minahasa sudah dilakukannya sejat dipercayakan menjabat Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Jakarta, hingga sekarang dengan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pembina KKK dengan menggelar berbagai kegiatan adat dan budaya yang melibatkan masyarakat setempat, seperti Maengket khusus untuk acara naik rumah baru atau Rumambak yang digelar belum lama ini, kemudian musik kolintang yang terus menjadi perhatiannya.

Dia berharap, kegiatan-kegiatan adat dan budaya tidak hanya dijadikan ajang hiburan semata, tetapi sebagai sarana pembelajaran bagi generasi muda untuk mencintai tradisi leluhur Minahasa.

"Saya ingin memberikan pengalaman berharga kepada generasi muda, soal bagaimana cara menjaga, merawat, dan melestarikan adat dan budaya Minahasa," tuturnya.

Tekad dan semangat Ronny Sompie dalam upaya melestarikan adat dan budaya Minahasa adalah bukti inspirasi dan motivasi bagi masyarakat di seluruh Indonesia dan telah mengangkat nama Tanah Minahasa di kancah Nasional dan Internasional. (Mike)

Editor: Mike

RELATED NEWS