Sebelum Beli Rumah, Pastikan 5 Hal Ini Sudah Diperiksa

Redaksi Daerah - Jumat, 17 Mei 2024 21:24 WIB
5 Hal yang Harus Anda Periksa Sebelum Beli Rumah (freepik.com/pressfoto)

JAKARTA - Berburu rumah adalah seperti melakukan olahraga ekstrem, oleh karena itu pastikan Anda harus bersiap-siap. Pasalnya, pembelian rumah adalah pembelian yang cukup besar.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar tidak menyesal di kemudian hari.

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Rumah

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Rumah

1. Beli dengan Pertimbangan Masa Depan

Sebelum membeli rumah, Anda perlu mempertimbangkan masa depan Anda, seperti kebutuhan Anda di masa depan. Anda mungkin jatuh cinta dengan model rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, tapi ketika anak-anak hadir, mungkin rumah Anda tidak lagi mampu mencukupi kebutuhan.

Hal yang sama berlaku bagi Anda yang hanya tinggal berdua dengan pasangan tapi rumah yang dipilih justru sangat besar atau lebih dari satu lantai yang akhirnya sangat merepotkan ketika Anda tua nanti.

2. Ketahui Letak Rumah yang Anda Incar

Pertimbangkan untuk melakukan test drive, berkendara, atau berjalan kaki ke tempat-tempat seperti tempat kerja dan sekolah anak-anak dari rumah yang Anda incar tersebut. Setelah itu, coba untuk mencari apakah ada transportasi umum yang mendukung kebutuhan Anda dan ada di dekat rumah tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui lalu lintas dan kebisingan rumah tersebut. Apakah Anda mudah mengeluarkan mobil dari jalan masuk saat jam-jam sibuk? Atau apakah tetangga Anda suka mengadakan pesta pada Sabtu malam? Anda perlu menyelidikinya sebelum mantap membeli rumah di daerah tersebut.

3. Periksa Toko Galon dan Makanan

Pastikan rumah tempat Anda tinggal tidak jauh dari tempat Anda membeli air minum dan bahan untuk memasak makanan. Jika jauh, tentu akan menyulitkan Anda untuk beraktivitas sehari-hari, mengingat makan dan minum adalah kebutuhan pokok sehari-hari.

4. Perhatikan Dokumen dan Legalitas

Anda juga harus memeriksa legalitas tanah serta surat-surat yang terkait dengan rumah yang ingin Anda beli tersebut. Hal ini sangat wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah hukum di masa depan yang justru membuat Anda rugi.

5. Keamanan Lingkungan

Anda tentu tidak ingin terjadi kasus seperti pencurian, perampokan, atau bahkan tawuran antar warga. Oleh karena itu, sebelum Anda mantap membeli rumah di suatu daerah, Anda perlu melakukan riset secara mendalam tentang kondisi lingkungan tersebut. Selain itu, Anda juga harus memahami apakah rumah incaran Anda bebas dari banjir atau tanahnya rawan terkena longsor.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum Anda membeli rumah.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 17 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS