Solusi Ampuh untuk Memblokir Panggilan Tidak Dikenal di Ponsel Anda

Redaksi Daerah - Kamis, 30 Mei 2024 19:24 WIB
Cara Memblokir Panggilan Tidak Dikenal di Ponsel Anda (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan gangguan seperti telepon tiba-tiba yang masuk ke ponsel Anda, dari penelepon tidak dikenal. Tidak hanya itu, terkadang penelepon itu memberikan suatu penawaran tertentu yang membuat kita jadi jengkel apalagi saat sedang sibuk.

Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir. pasalnya, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal-hal tidak diinginkan tersebut. Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Panggilan dari Nomor Tidak Dikenal di Ponsel Android

Pengguna Android ternyata memiliki keunggulan tersendiri dalam memerangi panggilan spam. Hal ini karena ada serangkaian alat bawaan dalam aplikasi Google Phone seperti berikut.

1. Individual Number Blocking

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk memblokir nomor tertentu yang mengganggu Anda dengan panggilan pemasaran yang tidak diinginkan. Untuk menggunakannya, Anda tinggal membuka aplikasi google Phone, lalu navigasikan ke bagian ‘Recents’.

Setelah itu, temukan nomor yang ingin Anda blokir, ketuk nomor tersebut dan pilih opsi ‘Mark As Spam’. Google akan mengonfirmasi pilihan Anda, dan setelah konfirmasi, Anda tak lagi menerima panggilan atau pesan dari nomor tersebut.

Terlepas dari hal itu, perlu dicatat bahwa produsen ponsel mungkin memiliki sedikit perbedaan antarmuka akibat skin Android khusus mereka misalnya One UI dan HyperOS.

2. Manfaatkan Fitur Panggilan Google

Filter panggilan Google dapat berfungsi sebagai senjata ampuh untuk mengatasi panggilan mengganggu dari nomor tidak dikenal. Fitur ini dapat Anda akses di bagian ‘Caller ID and spam’ pada aplikasi Google Phone.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi Google Phone, ketuk menu berbentuk tiga titik, navigasikan ke Settings lalu pilih ‘Caller ID and spam’. Di sini Anda dapat mengaktifkan fungsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Blokir Nomor Tersembunyi

Android menawarkan beberapa fungsi untuk memblokir panggilan dari nomor pribadi atau tersembunyi. Namun, sangat penting untuk berhati-hati dengan opsi ini karena bisa jadi mungkin Anda melewatkan panggilan penting saat seseorang secara tidak sengaja menyembunyikan ID peneleponnya.

Cara Mengatasi Panggilan dari Nomor Tidak Dikenal di iPhone

Mirip dengan Android, iOS tetap memudahkan Anda untuk memblokir nomor tertentu yang membombardir Anda dengan panggilan yang tidak diinginkan. Buka aplikasi Phone, navigasikan ke ‘Recents’, cari nomor yang ingin Anda blokir, dan ketuk ikon ‘i’ di sisi kanan.

Kemudian, scroll ke bawah dan pilih ‘Block Contact’. Tindakan ini mencegah panggilan dan pesan lebih lanjut dari nomor tersebut.

Anda dapat melihat semua nomor yang diblokir dengan membuka aplikasi Settings dan menavigasi ke “Phone” > “Blocked Contacts.”

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memblokir panggilan tidak dikenal di ponsel Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 30 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS