Solusi Mudah Mengembalikan Chat WhatsApp yang Telah Hilang

Redaksi Daerah - Senin, 03 Juni 2024 09:24 WIB
Trik Rahasia Mengembalikan Chat WhatsApp yang Telah Dihapus (Istimewa)

JAKARTA - WhatsApp kini telah memantapkan dirinya sebagai suatu platform media berbasis web yang paling banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengobrol, berkirim pesan, dan terhubung dengan orang terdekat. Meski WhatsApp memudahkan penggunanya untuk mengobrol, berbagi media, dan dokumen, terkadang ada beberapa pengguna yang menghapus chat atau pesan WhatsApp penting secara tidak sengaja dan menyesali keputusan tersebut.

Jika Anda juga telah menghapus beberapa pesan penting dari daftar chat WhatsApp dan bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikannya, beberapa solusi di bawah ini bisa jadi jawaban atas permasalahan Anda. Berikut penjelasannya.

Cara Memulihkan Obrolan atau Chat WhatsApp yang terhapus

Memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus dapat menjadi lebih mudah jika sebelumnya Anda sudah mengaktifkan backup chat WhatsApp sebelum menghapus obrolan tersebut.

Anda hanya perlu mengimpor data WhatsApp yang telah dicadangkan ke aplikasi WhatsApp dan pesan WhatsApp Anda yang telah terhapus bisa dipulihkan lagi.

Selain itu, Anda juga dapat memulihkan chat WhatsApp dengan bantuan Google Drive. Google Drive adalah alat atau tools yang aman untuk mencadangkan dan mengakses semua file dari WhatsApp termasuk data WhatsApp dari perangkat apapun. Berikut cara atau langkah demi langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencadangkan pesan WhatsApp dengan Google Drive.

Cara Mencadangkan Pesan atau Backup Chat WhatsApp di Google Drive

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan pilih ‘More options’.
  2. Setelah itu buka menu ‘Settings’ dan pilih ‘Chats’.
  3. Pilih ‘Chat back up’ dan klik ‘Back up to Google Drive’.
  4. Anda akan diarahkan ke halaman baru untuk mengatur frekuensi dalam mencadangkan file dari WhatsApp Anda.
  5. Tetapkan frekuensi yang Anda inginkan dan pilih akun Google khusus tempat Anda ingin menyimpan riwayat chat Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google apapun yang terhubung ke perangkat Anda, pilih ‘Add account’ dan masukkan kredensial login Anda.
  6. Sekarang pilih ‘Backup over’ dan pilih ‘network’ yang ingin Anda gunakan untuk melakukan backup chat.
  7. Setelah itu, pencadangan obrolan atau backup chat WhatsApp akan segera dimulai.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus dari Google Drive

  1. Setelah pesan WhatsApp Anda dicadangkan di Google Drive, hapus WhatsApp dan instal ulang di ponsel Anda.
  2. Kemudian, masuk dengan nomor WhatsApp yang telah terdaftar dan secara otomatis akan mendeteksi data yang dicadangkan di Google Drive sebelumnya, serta akan menanyakan apakah Anda ingin memulihkan pesan tersebut.
  3. Pilih ya, dan chat atau pesan Anda akan pulih kembali.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan pesan atau chat WhatsApp yang terlanjur terhapus. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 03 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS