Strategi Bebas Utang dengan 4 Cara Penting Ini

Redaksi Daerah - Rabu, 22 Mei 2024 14:52 WIB
4 Cara Penting untuk Keluar dari Jeratan Utang (Freepik)

JAKARTA - Hidup dengan utang dapat menimbulkan stres. Ketika Anda terlilit utang, maka Anda juga sulit untuk keluar dari jeratan tersebut.

Saat Anda tidak punya cukup uang untuk membayar tagihan dan utang terus menumpuk, hal itu bisa menjadi beban yang berat. Keluar dari utang dan menjauhi utang nyatanya bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan.

Jika ingin terbebas dari utang, memang butuh pengorbanan, disiplin, dan kerja keras, namun pada akhirnya semua hal itu terasa sangat pantas untuk dilakukan. Begitu Anda terbebas dari lilitan utang, beban utang yang membebani Anda akan hilang sehingga Anda akan memiliki ketenangan pikiran dan finansial.

Selain itu, Anda juga akan dapat menggunakan uang yang tadinya digunakan untuk membayar utang dan menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang penting bagi Anda dan keluarga, karena hidup tentunya adalah tentang menikmati hal-hal yang penting.

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini seperti yang telah dirangkum dari Saving Cent by Cent.

Cara Mengatasi Jeratan Utang

Cara Mengatasi Jeratan Utang

1. Perbaiki Akar Masalah

Satu-satunya cara untuk mengendalikan aspek finansial Anda adalah dengan memperbaiki akar masalahnya. Akar masalah yang harus diubah tersebut bisa berupa kebiasaan belanja dan berhenti hidup di luar kemampuan Anda.

Anda juga perlu menghindari menambah utang dan jangan membeli barang yang tidak diperlukan. Anda tidak akan bisa lepas dari utang jika Anda terus menambahnya. Jika Anda mengubah perilaku belanja, maka Anda akan bisa hidup tenang tanpa tekanan finansial.

Untuk keluar dari jeratan utang, Anda perlu melibatkan komitmen dari seluruh anggota keluarga. Anak Anda juga perlu diberi tahu karena mereka akan memahami mengapa Anda tak lagi bisa mengeluarkan uang ekstra untuk aktivitas tertentu atau jalan-jalan ke mall. Setelah terbebas dari utang, Anda bisa lanjut dengan menabung dan melakukan beberapa hal penting yang ingin Anda lakukan untuk keluarga Anda.

2. Cari Tahu Berapa Banyak Utang yang Anda Miliki

Cobalah untuk mencatat atau menyusun dokumen utang yang Anda miliki. Jika dokumen utang tersebut terpisah atau tertumpuk di seluruh rumah Anda, maka Anda tidak akan mengetahui berapa utang yang Anda miliki.

Anda bisa mencoba menggunakan sistem berupa folder file yang memiliki beberapa tab. Anda juga bisa memberi tahu pasangan Anda tentang pengelompokan dokumen utang tersebut.

Untuk mengetahui berapa utang yang Anda miliki, coba ambillah dokumen Anda lalu catat menggunakan Word atau spreadsheet Excel. Setelah itu, tuliskan semua utang yang Anda miliki, berapa utangnya, jumlah total utang, dan berapa banyak Anda membayar setiap bulan.

Kemudian, urutkan utang Anda dari tingkat bunga tertinggi hingga terendah. Jika Anda memiliki beberapa utang yang lebih kecil, meski tingkat bunganya rendah, masukkan utang tersebut ke dalam daftar terlebih dahulu dan lunasi dengan cepat.

Hal ini akan membantu Anda jadi lebih percaya diri dan mampu untuk terus maju terlepas dari beban utang. Setelah itu, lunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi.

3. Tinjau Rencana Anda Secara Teratur

Jadwalkan waktu tertentu setiap minggu bersama pasangan untuk meninjau kemajuan kinerja Anda. Semakin sering Anda melihat rencana Anda untuk terlepas dari utang, maka semakin besar kemungkinan Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak atau bahkan keluar jalur.

4. Hemat Uang dan Kurangi Pengeluaran

Untuk membantu mengubah kebiasaan belanja Anda dan hidup sesuai kemampuan, Anda perlu membuat anggaran bulanan yang realistis untuk pengeluaran Anda. Cantumkan semua tagihan dan kebutuhan bulanan dan pastikan semua hal itu tercakup dalam pendapatan bulanan Anda.

Pastikan Anda tetap berfokus pada hal-hal yang Anda perlukan dan bukan pada hal-hal yang Anda inginkan atau hal menyenangkan untuk Anda miliki. Anda juga harus menghemat uang untuk keperluan utilitas seperti tagihan listrik dan gas. Kurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan seperti makan di luar, membeli baju baru saat tidak dibutuhkan, berlibur yang mahal, dan pengeluaran lainnya.

Itu tadi beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk terbebas dari jeratan utang.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 22 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS