Taste Atlas Ungkap 10 Makanan Mangga Terbaik, Rujak Indonesia Termasuk!

Redaksi Daerah - Kamis, 20 Juni 2024 09:42 WIB
Ada Rujak Indonesia! Ini Top 10 Makanan dengan Mangga Terbaik Versi Taste Atlas (Taste Atlas)

JAKARTA - Mangga adalah salah satu buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Ternyata, tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukai buah ini. Pasalnya, ada berbagai jenis makanan dari negara berbeda yang menggunakan bahan dasar mangga. Bahkan, rujak Indonesia juga termasuk!

Berikut beberapa makanan terbaik yang terbuat dari buah mangga versi Taste Atlas.

10 Makanan Terbaik yang Terbuat dari Mangga Versi Taste Atlas

1. Aamras (India)

Aamras adalah bubur mangga yang pada umumnya dimakan sebagai makanan penutup. Makanan ini dibuat dengan mangga matang dan berair yang diiris atau dipotong dadu. Kemudian, bahan-bahan tersebut dicampur menjadi campuran yang lembut, manis, dan harum.

Aamras juga bisa ditambahkan kunyit, jahe kering, atau kapulaga. Aamras klasik pada umumnya disajikan sebagai dessert saat musim panas, tapi ada juga yang dijual dalam bentuk kalengan sehingga tersedia sepanjang tahun.

2. Mango Sticky Rice (Thailand)

Mango sticky rice adalah makanan seperti puding tradisional Thailand yang cocok untuk dikonsumsi sebagai makanan penutup. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dikukus terlebih dahulu lalu disiram dengan santan manis. Setelah itu, ketan tersebut disajikan bersama mangga segar.

3. Sorbetes (Philippines)

Sorbetes adalah es krim asal Filipina yang terbuat dari bahan-bahan seperti mangga, cokelat, keju, kelapa, dan ubi ungu. Secara tradisional, sorbetes terbuat dari susu carabao dan disajikan dalam sendok kecil di atas sugar cones. Beberapa orang Filipina ada yang mengonsumsinya dengan digunakan sebagai isian roti.

4. Rujak (Indonesia)

Rujak adalah salad buah tradisional Indonesia. Tak hanya di Indonesia, makanan ini juga populer di Singapura dan Malaysia. Ada banyak variasi rujak, tapi yang paling populer adalah rujak buah yang terbuat dari buah musiman segar dengan rasa asam dan hambar kemudian disajikan bersama saus gula aren bercita rasa pedas dan manis.

Saus tersebut terbuat dari air, kacang tanah goreng, terasi asam Jawa, dan cabe rawit. Buah yang digunakan seperti apel, mangga mentah, pepaya, nanas, kedondong, dan bengkoang.

5. Mango Chutney (India)

Mango Chutney atau sambal mangga adalah sambal tradisional India yang terbuat dari mangga segar. Namun, ada bahan-bahan lainnya termasuk jahe, bawang putih, cabe merah, jinten, ketumbar, kunyit, cengkeh, kayu manis, kapulaga, gula merah, dan cuka.

Mango chutney biasanya disajikan sebagai olesan atau saus. Akan tetapi, mango chutney juga ada yang digunakan untuk tambahan kari, masakan ayam, makanan ringan, dan sandwich. Mango chutney memiliki cita rasa manis, asam, dan sedikit pedas.

6. Chinese Mango Pudding (China)

Chinese Mango Pudding adalah dessert tradisional Tiongkok yang sering disajikan sebagai bagian dari dim sum. Puding mangga ini terbuat dari mangga segar, gula, gelatin, dan susu. Cara membuatnya, mangga dihaluskan lalu dicampurkan dengan air panas, gula, gelatin, dan susu.

Campuran tersebut dituangkan ke dalam mangkuk kecil kemudian didinginkan selama beberapa jam sebelum disajikan. Jika sudah dingin, Chinese Mango Pudding diberi hiasan daun mint atau potongan mangga.

7. Rujak Cingur (Indonesia)

Rujak cingur adalah salah satu jenis rujak Indonesia, salad buah yang terbuat dari berbagai buah tropis yang biasanya disajikan dengan saus pedas dan manis. Rujak cingur merupakan jenis rujak yang unik, karena selain buah-buahan, rujak ini juga terbuat dari sayuran dan bahan langka seperti moncong sapi.

Secara tradisional, daging sapi atau kerbau digunakan rujak cingur, sedangkan buah-buahan dan sayuran disajikan dengan direbus atau mentah. Hidangan ini kemudian disajikan bersama saus pedas yang terbuat dari terasi, kacang tanah, gula, dan cabai.

8. Mango Pomelo Sago (Hong Kong)

Mango Pomelo Sago diciptakan pada tahun 1984 di cabang Lei Garden di Singapura. Mango Pomelo Sago merupakan hidangan penutup saat musim panas yang terasa menyegarkan dan terbuat dari mangga, pomelo, sagu, susu murni atau susu evaporasi, dan santan. Tidak hanya di Hong Kong, Mango Pomelo Sago juga populer di Singapura dan Taiwan.

9. Baobing (China)

Baobing adalah dessert sederhana yang terbuat dari es serut hapus dan buah segar seperti mangga, leci, dan rambutan. Makanan ini biasanya diberi tambahan susu kental manis, sirup gula beraroma, kacang hijau, dan kacang tanah. Makanan ini sangat populer saat cuaca panas di Tiongkok, Taiwan, dan Vietnam serta dapat ditemukan di berbagai pasar malam di antara kios tahu dan panekuk.

9. Mamuang Nam Pla Wan (Thailand)

Mamuang Nam Pla Wan adalah hidangan tradisional Thailand yang terbuat dari mangga hijau mentah serta disajikan bersama saus lengket bercita rasa manis dan gurih yang disebut nam pla wan. Saus ini terbuat dari kombinasi kecap ikan, gula jawa, bawang merah, cabai, terasi, dan udang kering.

Itu tadi beberapa makanan dengan buah mangga terbaik versi Taste Atlas, termasuk rujak asal Indonesia. Ada makanan favorit Anda?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 20 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS