Terkait Perekrutan Pantarlih, Stenly Kowaas: Bawaslu Tomohon akan Awasi Ketat

Redaksi - Sabtu, 15 Juni 2024 14:51 WIB
Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas. (Foto: Jor)

Tomohon, Potretmanado -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon memastikan akan memberikan pengawasan ketat terhadap proses perekrutan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon pada Pilkada Serentak dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas menyatakan bahwa, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kota Tomohon untuk mengawasi setiap tahapan perekrutan Pantarlih. Pengawasan ini mencakup seluruh proses, mulai dari pendaftaran administrasi hingga penerimaan dan pelantikan.

Ditegaskan Kowaas, pengawasan yang dilakukan pada tahap awal ini fokusnya pada verifikasi data, karena Pantarlih tidak boleh terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ataupun Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Ini sebagai bentuk komitmen Bawaslu untuk memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilihan serta mencegah adanya konflik kepentingan yang dapat merugikan proses demokrasi," tegas Bung Stenly sapaan akrab Ketua Bawaslu Tomohon, Sabtu (15/06/2024).

Ditambahkannya dengan pengawasan ketat ini, dapat menjaga netralitas dan profesionalisme para petugas Pantarlih dalam menjalankan tugasnya.

"Kepada masyarakat Kota Tomohon, pihaknya mengajak untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam mengawasi proses perekrutan Pantarlih, dengan melaporkan setiap indikasi pelanggaran yang ditemukan. Ini sangat penting untuk mendukung terciptanya Pilkada Serentak 2024 yang jujur, adil dan berintegritas," tambah Kowaas. (Jor/Fjt)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS