Terkena PHK? Simak 5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Baru dengan Cepat

Redaksi Daerah - Kamis, 06 Juni 2024 13:08 WIB
5 Tips Ampuh Mendapat Pekerjaan Baru Usai Anda Terkena PHK (Pexels)

JAKARTA - Diberhentikan atau terkena PHK memang dapat menguras emosi. Bahkan, hal itu juga dapat membuat Anda mudah kehilangan motivasi atau kelelahan selama proses pencarian kerja.

Jika Anda mengalami hal itu, ada baiknya Anda melakukan perawatan diri terlebih dahulu, seperti beristirahat sejenak, tetap terhubung dengan orang lain, membaca buku, olahraga, meditasi, dan mencoba mempelajari sesuatu yang baru.

Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk melamar pekerjaan baru dengan menerapkan beberapa cara seperti berikut ini.

Cara Mendapatkan Pekerjaan Baru Setelah Terkena Layoff

1. Perbarui Resume

Sertakan pengalaman kerja terbaru Anda, keterampilan, sertifikasi, atau kualifikasi baru apapun yang Anda peroleh dari perusahaan sebelumnya. Anda juga jangan lupa untuk memperbarui profil LinkedIn Anda karena Anda dapat memanfaatkannya untuk tetap terhubung dengan profesional industri lainnya.

Jika perekrut ingin mengetahui alasan Anda diberhentikan tentu rasanya tidak menyenangkan. Namun hal yang terbaik adalah dengan tetap bersikap transparan karena informasi tersebut kemungkinan besar akan terungkap dan Anda tidak ingin manajer baru Anda mempertanyakan kejujuran Anda.

2. Temukan Peluang untuk Meningkatkan Keterampilan

Gunakan periode ini untuk meningkatkan keterampilan Anda. Pilih pelatihan yang dapat meningkatkan nilai diri Anda di resume sekaligus membuat Anda jadi lebih merasa siap untuk menjalani peran baru.

3. Mulai Berjejaring

Seperti yang dilansir dari BetterUp, penelitian menunjukkan bahwa 70-80% pencari kerja mendapatkan job baru dari jaringan atau network. Hal itu bisa termasuk dengan mengobrol bersama orang terdekat, teman, mantan rekan kerja, atau menghadiri acara tertentu.

Lakukan apapun yang Anda mampu karena semakin besar jangkauan Anda, maka semakin besar kemungkinan seseorang akan memikirkan Anda saat mereka membutuhkan.

4. Ciptakan Rutinitas Harian

Pengangguran dapat memaksa Anda keluar dari rutinitas yang akhirnya dapat membuat Anda bosan. Anda harus tetap termotivasi untuk mendapatkan pekerjaan baru dengan sebisa mungkin mengikuti rutinitas rutin Anda, baik itu perencanaan makan sehari-hari, olahraga, atau kebiasaan yang mendukung kesehatan mental seperti meditasi.

5. Jadwalkan Waktu Pencarian Kerja

Untuk menjaga diri Anda tetap termotivasi dan menambah tujuan dalam aktivitas sehari-hari Anda, jadwalkan pencarian kerja seperti saat Anda akan bekerja. Hal ini berarti Anda membatasi waktu yang dihabiskan untuk menelusuri iklan lowongan pekerjaan untuk menikmati istirahat mental yang sangat dibutuhkan agar Anda tidak mudah kewalahan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pekerjaan baru meski baru saja terkena layoff atau PHK. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 06 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS