Ternyata Ini Cara Terbaru YouTube Paksa Pengguna Nonaktifkan Layanan Adblocker

Redaksi Daerah - Selasa, 28 Mei 2024 18:18 WIB
Waduh, YouTube Dilaporkan Akan Buat Video Ter-Skip Sampai Selesai untuk Pengguna Adblocker (Freepik.com/Ijeab)

JAKARTA - Tampaknya YouTube selalu menerapkan cara baru untuk mengatasi trik yang dilakukan oleh pengguna adblocker atau pemblokir iklan di YouTube. Baru-baru ini seperti yang dilansir dari HT Tech, YouTube melakukan gebrakan terbaru dengan menyebabkan video melompat ke bagian akhir bagi pengguna adblocker.

Tindakan keras YouTube ini ternyata membuat banyak orang frustasi, karena video yang sedang ditonton tiba-tiba secara misterius melompat ke bagian akhir. Dalam beberapa bulan terakhir, platform tersebut telah meningkatkan upaya untuk mencegah penggunaan adblocker.

Awalnya, pengguna adblocker mendapatkan permintaan yang akan mendesak mereka untuk segera menonaktifkan layanan pemblokir iklan untuk menonton video. Jika pengguna nekat mengabaikan permintaan ini, hal tersebut akan menyebabkan video tidak bisa diputar sama sekali sehingga mendorong pengguna untuk menonaktifkan fitur adblocker.

Video YouTube Di-Fast Forward ke Akhir

Masalah baru dilaporkan muncul akhir-akhir ini. YouTube tiba-tiba mempercepat langkahnya bagi para pengguna adblocker.

Meski pengguna sudah memulai ulang video atau mencoba melompat ke segmen tertentu di video tersebut, maka hasilnya tetap sama, yaitu ter-skip ke akhir video. Perilaku aneh ini tampaknya hanya terjadi pada pengguna yang mengaktifkan pemblokir iklan, dan setelah dinonaktifkan, maka video diputar dengan lancar tanpa gangguan.

Awal tahun ini, bug di Adblock juga menyebabkan pemuatan video jadi lambat yang awalnya disalahkan pada YouTube. Akan tetapi, anehnya sebagian besar pengguna yang terdampak kini sebagian besar menggunakan AdBlock, sedangkan adblocker lainnya tidak menunjukkan anomali seperti itu.

Bagi pengguna yang terkena dampak, tidak mengherankan pengguna mengalami frustasi apalagi ketika video tiba-tiba berakhir sebelum waktunya atau diputar tanpa henti, sehingga membuat platform YouTube jadi hampir tidak dapat digunakan. Dilema inilah yang akhirnya memaksa pengguna untuk memilih, apakah ingin menonaktifkan adblocker atau beralih ke alternatif yang tidak mengganggu penayangan.

Menurut HT Tech, masih belum pasti apakah YouTube merekayasa masalah ini atau berasal dari adblocker tertentu. Hal yang jelas adalah pengguna tampak terjebak dalam pertikaian antara YouTube dan adblocker, yang akhirnya mengakibatkan pengalaman menonton terganggu. Saat ini, menonaktifkan adblocker tampaknya masih jadi solusi yang tepat, tapi masih perlu untuk tetap waspada terhadap update dan perbaikan di masa yang akan datang.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 28 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS