Tips Cerdas Mengelola Keuangan Berdasarkan Zodiak

Redaksi Daerah - Rabu, 19 Juni 2024 14:36 WIB
Tips Cerdas Mengelola Keuangan yang Tepat Berdasarkan Zodiak (Freepik.com/drobotdean)

JAKARTA – Zodiak dalam astronomi dan astrologi merujuk pada jalur yang mengelilingi langit di sepanjang kedua sisi ekliptika, yaitu orbit Bumi dan lintasan tahunan Matahari. Selain itu, bulan dan planet-planet juga beredar dalam sabuk ini.

Secara singkat, zodiak adalah jalur langit tempat benda-benda langit seperti matahari, bulan, Bumi, dan planet-planet bergerak.

Garis ekliptika ini berputar dan melewati rasi bintang setiap tahun. Sebagai hasilnya, terbentuklah 12 bentuk konstelasi yang berbeda berdasarkan waktu-waktu tertentu.

Sebagian besar konstelasi yang dilalui ekliptika mewakili binatang. Konstelasi berbentuk binatang ini kemudian dikenal sebagai tanda atau simbol dari 12 zodiak.

Zodiak sering dijadikan patokan oleh banyak orang untuk mengenali dan meramalkan, misalnya dalam hal pekerjaan, jodoh, dan juga mengelola keuangan.

Dalam mengelola keuangan, setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Contohnya, lebih nyaman dengan melakukan pencatatan pengeluaran dan mengalokasikan berapa yang bisa dibelanjakan untuk pakaian, makanan, pendidikan, dan hal lainnya.

Konon setiap zodiak memiliki cara dalam mengelola keuangan. Lalu, bagaimana? Berikut penjelasan singkat mengenai cara mengelola keuangan sesuai dengan zodiak.

Tips Mengelola Keuangan Menurut Zodiak

Ilustrasi wanita berbelanja. (USA Today)

Berikut tips mengelola keuangan sesuai zodiak:

1. Aries (21 Maret – 19 April)

Zodiac ini terkenal dengan sifat ambisi yang kuat dan senang berpetualang, serta karakter impulsive yang membuat Aries sulit untuk berhemat, belanja tawar-menawar, lelang (karena pada dasarnya itu seperti kompetisi.

Untuk mengatasi sifat ini, Aries menyadari kebutuhan untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan dalam kategori yang terpisah. Financial Challenge seperti Zero Rupiah Days hingga Target 100 Juta setahun bisa membantu mengimbangi ambisi Aries.

2. Taurus (20 April – 20 Mei)

Taurus dikenal dengan sifat yang bertanggung jawab dan selalu memiliki rencana karena sangat mengutamakan stabilitas, terutama dalam hal keuangan. Namun, Taurus juga terkenal dengan gaya hidup mewah dan bergaya, tidak peduli bagaimana kondisi keuangannya saat itu. Hati-hati, hal ini bisa jadi bumerang untuk pengelolaan keuangan yang sudah baik-baik dibuat.

Stefanie O’Connell, seorang penasihat keuangan milenial dan penulis buku “The Broke and Beautiful Life,” menyarankan Taurus untuk mempertimbangkan tujuan jangka 5-10 tahun ke depan daripada kesenangan instan. Dia menyarankan agar Taurus membuat tabungan terpisah untuk membantu tetap fokus dan terarah.

3. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Gemini dikenal karena sifatnya yang spontan dan loyal. Sifat ini kadang membuat Gemini kesulitan dalam mengelola keuangannya karena sering kali tergoda dengan diskon dan tren terbaru.

Gemini juga dikenal karena sifat alamiahnya yang sering berubah-ubah, termasuk dalam membuat keputusan mendadak seperti membeli barang. Misalnya, meskipun telah mengatur keuangan dengan baik, bisa saja tergoda untuk membeli barang saat ada diskon.

Untuk mengatasi hal ini, tabungan deposito atau investasi jangka panjang dengan sistem autodebet bisa menjadi solusi untuk membantu mengontrol keuangan Gemini.

4. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Dinobatkan menjadi zodiak yang paling andal dalam mengelola keuangan karena memiliki karakter pekerja keras dan suka menabung. Cancer menganggap uang adalah sarana untuk mencapai kebebasan finansial. Dana darurat dan dana pensiun Cancer tidak usah diragukan, mereka sudah mempersiapkannya sejak dini.

Cancer dianggap sebagai zodiak yang sangat handal dalam mengelola keuangan karena mereka merupakan pekerja keras dan gemar menabung. Cancer melihat uang sebagai sarana untuk mencapai kebebasan finansial. Dana darurat dan dana pensiun Cancer tidak perlu dipertanyakan, karena mereka telah mempersiapkannya sejak awal.

5. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Leo, yang dilambangkan dengan seekor singa, memiliki karakter pemimpin yang alami, yang membuatnya lebih suka bekerja sendiri daripada bekerja untuk orang lain. Leo memiliki potensi menjadi seorang entrepreneur yang luar biasa, dengan perencanaan yang matang dan jiwa kepemimpinan yang kuat.

Di sisi lain, Leo juga sangat setia kepada teman-teman dan keluarganya, dan mereka sering menunjukkan sikap yang royal terhadap orang-orang terdekat mereka.

Leo dianggap sebagai zodiak yang paling boros karena senang mentraktir dan memberikan hadiah kepada orang-orang terdekat, membuatnya tidak memiliki tabungan. Ini dapat menjadi hal yang positif, karena tidak ada salahnya sesekali memberi hadiah atau mentraktir teman-teman dan keluarga.

Nicholas Holeman, seorang perencana keuangan bersertifikat di Betterment, menyarankan orang yang selalu ingin memiliki barang sesuai tren terbaru untuk lebih selektif dalam pengeluaran. Solusi untuk mengatasi keborosan Leo bisa dengan menempatkan uang dalam tabungan deposito.

6. Virgo (23 Agustus – 22 September)

Virgo memiliki tujuan hidup yang berfokus pada bekerja, menabung, dan mengumpulkan uang. Kepribadiannya yang analitis mendukung pengelolaan keuangan yang baik. Zodiak ini tidak keberatan untuk menabung uang yang dimiliki, dan merasa senang dengan adanya jaminan keuangan yang lebih stabil.

Virgo menemukan solusi dalam berinvestasi jangka panjang dan menggunakan sistem tabungan autodebet. Meskipun cenderung suka bekerja keras dan menabung, Virgo juga kadang menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat.

7. Libra (23 September – 22 Oktober)

Libra, yang melambangkan timbangan, selalu mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan. Keseimbangan ini tercipta karena Libra konsisten menabung untuk masa depan, meskipun kebiasaannya senang hangout dengan teman-teman.

Membandingkan harga sebelum membeli adalah kebiasaan Libra. Untuk mencapai kebebasan finansial, Libra selalu melakukan pencatatan rutin terhadap pengelolaan keuangannya.

Libra senang mengeksplorasi semua pilihan yang tersedia, baik itu untuk investasi maupun saat mempertimbangkan untuk membuka bisnis. Namun, kelemahannya adalah dia sering kesulitan dalam mengambil keputusan karena terlalu banyak pilihan yang dia miliki.

8. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Scorpio memiliki karakter pekerja keras dan cermat dalam menabung. Scorpio sangat termotivasi untuk mencapai kebebasan finansial. Zodiak ini terkenal dengan insting dan keberaniannya yang tinggi dalam berinvestasi.

Scorpio juga merupakan sosok yang bisa memecahkan masalah dengan baik. Scorpio tidak suka mengambil risiko, dan juga tidak melakukan pembelian dengan tiba-tiba, harus sesuai perencanaan.

Menabung dalam bentuk deposito adalah hal yang umum bagi Scorpio karena dianggap dapat membantu mengontrol pengeluarannya.

9. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Sagitarius dikenal dengan kepribadian yang bebas dan suka berpetualang, yang kadang menjadi tantangan dalam pengelolaan keuangan. Sagitarius tidak segan mengeluarkan biaya besar demi bisa ke destinasi favorit. Zodiak ini memiliki pandangan bahwa hidup harus dinikmati saat ini dan tidak terlalu memikirkan risiko finansial.

Sebisa mungkin Sagitarius tidak dipertemukan dengan Aries. Menabung secara otomatis dengan autodebet dapat membantu menjaga stabilitas keuangan zodiak ini. Selain itu, disarankan kepada Sagitarius untuk melakukan riset sebelum melakukan transaksi keuangan agar dapat membuat keputusan yang terbaik.

10. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Capricorn adalah sosok yang gigih, teliti, dan disiplin dalam membuat anggaran keuangan, memiliki kemampuan luar biasa dalam mengelola keuangan. Ketika zodiak ini sudah tahu apa yang kamu inginkan, maka bisa disiplin bekerja untuk mencapai tujuan itu.

Capricorn juga dikenal karena disiplin, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, kesabaran dalam bekerja, kemampuan untuk mencapai tujuan dengan baik, tidak membeli barang secara impulsif, dan senang dengan gaya hidup sederhana.

Tak hanya itu, zodiak ini juga gemar berinvestasi. Deposito merupakan pilihan favorit mereka untuk menabung, karena Capricorn cenderung memiliki tujuan keuangan yang jelas seperti memiliki rumah dan pensiun dini.

11. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Aquarius memiliki karakter yang mirip dengan Libra, di mana mereka menyeimbangkan antara kesenangan saat ini dan masa depan. Sifat yang dermawan kadang menjadi hambatan dalam pengelolaan keuangan. Mengadopsi sistem pengelolaan keuangan Jepang, seperti Kaikebo yang mencatat setiap detail pengeluaran, bisa menjadi solusi yang efektif bagi Aquarius.

12. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Meskipun cenderung emosional, Pisces juga kreatif, berdedikasi, dan pekerja keras. Mereka tidak ragu untuk melakukan lebih banyak hal kreatif untuk mendapatkan uang tambahan demi mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan.

Pisces cenderung intuitif dan bijaksana dalam mengelola keuangan, sehingga tidak mudah tergoda untuk berbelanja secara impulsif. Zodiak ini senang berinvestasi namun selalu berhati-hati dalam memilih instrumen investasi. Berhemat dan menabung menjadi lebih mudah bagi Pisces ketika mereka memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Nah, itulah tips mengelola keuangan sesuai dengan karakter zodiak. Setelah membaca artikel di atas, apakah sudah sesuai dengan karakter zodiak kalian?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 16 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 19 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS