Tips untuk Tetap Bugar tapi Tetap Hemat Tanpa Harus ke Gym

Redaksi Daerah - Kamis, 16 Mei 2024 16:24 WIB
Cara Tetap Bugar tapi Tetap Hemat Tanpa ke Gym (Freepik.com/pressfoto)

JAKARTA - Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga di gym. Selain meningkatkan kebugaran Anda, olahraga di gym juga mampu membangun kekuatan dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Namun, jika Anda tidak rajin ke gym, biaya keanggotaan ke gym tersebut justru bisa menguras dompet. Tidak mengherankan jika banyak orang merasa harga berlangganan di gym sangat mahal meski ada diskon.

Alasan Kita Cenderung Berhenti Berolahraga di Gym

Seperti yang dilansir dari ABC, pada tahun 2005, peneliti dari Universitas California Berkeley menganalisis data dari tiga klub kesehatan di Amerika Serikat untuk membantu memahami bagaimana kita mengambil keputusan seputar pusat kebugaran.

Mereka menemukan bahwa anggota gym memperkirakan mereka akan menghadiri gym sekitar 10 kali per bulan, tapi rata-rata hanya menghadiri empat kali per bulan.

Kita semua cenderung memiliki tujuan yang terlalu optimis seputar kebugaran. Hal tersebut juga membuat kita mau membayar berbagai barang yang tidak kita gunakan.

Ada banyak sekali peralatan olahraga yang dijual. Banyak pembeli memiliki ide tentang apa yang ingin mereka lakukan terhadap peralatan olahraga tersebut tapi akhirnya mereka menyadari bahwa aktivitas tersebut bukan untuk mereka.

Padahal, untuk olahraga, faktor yang paling penting adalah kesenangan, bukan dari peralatan mewah atau biaya keanggotaan.

Selain itu, tidak semua orang menyukai berolahraga di dalam gym, apalagi ruangan gym pada umumnya lebih pengap. Bagi Anda yang mengalaminya, Anda juga tetap bisa berolahraga dengan baik seperti di rumah atau di daerah terbuka.

Tips Berolahraga di Rumah

Ada banyak pilihan olahraga gratis atau terjangkau yang dapat dilakukan di rumah. Ada latihan ketahanan, latihan sirkuit dan pilihan kardio berbeda yang bisa Anda pilih.

Bahkan, Anda dapat menemukan pilihan olahraga yang bagus secara online, seperti yoga atau kelas kebugaran melalui video yang ada di YouTube.

Tidak hanya itu, berlari juga pilihan kardio yang bagus dan yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu. Selain itu jika Anda membutuhkan peralatan angkat beban dan latihan kekuatan lainnya yang mahal, Anda bisa mendapatkan alternatif lebih murah di rumah.

Anda bisa mencoba melakukan push-up atau push-up dengan rompi pemberat. Pilihan lebih murah lainnya yaitu menggunakan resistance band yang dapat membantu Anda membangun kekuatan atau exercise ball yang berkualitas untuk membangun stabilitas dan kekuatan inti.

Itu tadi tips berolahraga secara hemat tanpa harus menghabiskan uang untuk membayar biaya keanggotaan di gym. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 16 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS