Truecaller Punya Fitur Baru yang Mampu Kenali Suara AI Saat Menelepon

Redaksi Daerah - Jumat, 31 Mei 2024 11:11 WIB
Canggih! Truecaller Punya Fitur untuk Identifikasi Suara yang Dihasilkan AI Saat Menelepon (Freepik.com/rawpixel)

JAKARTA - Truecaller adalah suatu aplikasi caller ID yang kini merilis fitur terbaru yaitu AI Call Scanner untuk mengidentifikasi suara yang dihasilkan AI. Fitur ini diyakini mampu membantu mencegah penipuan yang menggunakan suara AI. Meski begitu, fitur ini sekarang hanya tersedia untuk pengguna Android.

Fitur AI Call Scanner akan membantu pengguna untuk membedakan antara suara manusia dengan suara buatan sehingga akan memberikan pertahanan tambahan terhadap potensi penipuan dan aktivitas penipuan.

Seperti yang dilansir dari HT Tech, perusahaan menyoroti kecepatan yang mengkhawatirkan di saat sintesis suara AI kini mampu mereplikasi suara dan tercatat hanya butuh tiga detik saja untuk menghasilkan tiruan yang meyakinkan. Truecaller menyebutkan bahwa teknologi kloning suara dan pembuatan ucapan yang tidak valid kini justru berkembang pesat dan sudah dapat diakses oleh siapa saja.

Dengan memprediksi tren gelombang penipuan AI berikutnya yang berpotensi mengeksploitasi kerentanan emosional, Truecaller menekankan ancaman yang ditimbulkan oleh skema atau modus panggilan telepon palsu tentang orang-orang terdekat korban yang berada dalam kesulitan.

Fitur AI Call Scanner ini telah disertakan dalam aplikasi Android Truecaller dan tersedia melalui langganan Premium. Awalnya, fitur ini diperkenalkan di Amerika Serikat lalu rencananya akan diluncurkan di India dan pasar utama lainnya.

Cara Kerja AI Call Scanner

Ketika pengguna menemukan panggilan yang terdengar mencurigakan, pengguna Truecaller dapat mengaktifkan tombol AI Call Scanner khusus dalam antarmuka Truecaller. Suara penelepon tersebut akan direkam dan sampelnya dianalisis oleh model AI canggih Truecaller yang dilatih untuk membedakan antara ucapan manusia dengan suara yang dihasilkan oleh AI.

Alan Mamedi, CEO dan salah satu Co-founder Truecaller sendiri bangga atas peran aplikasi ini, yaitu sebagai aplikasi pionir dalam deteksi suara AI. Ia juga mengakui bahwa risiko penipuan yang diakibatkan oleh suara yang dibuat oleh AI kini semakin meningkat karena menjamurnya alat penyintesis suara AI.

“Tujuan kami adalah menemukan solusi yang efektif dan andal sebelum segala sesuatunya jadi tidak terkendali. Saya bangga mengumumkan bahwa Truecaller adalah dialer pertama didunia yang dilengkapi dengan deteksi suara AI,” kata Alan Mamedi, seperti yang dikutip dari HT Tech pada Jumat, 31 mei 2024.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur AI Call Scanner, fitur pendeteksi suara yang dibuat AI yang terdapat di aplikasi Truecaller. Apakah Anda tertarik menggunakannya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 31 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS