Upaya Penyelundupan Obat Terlarang di Rutan Manado Digagalkan Petugas P2U

Mike - Selasa, 24 Januari 2023 22:47 WIB
Petugas Rutan Manado mengamankan WBP dan barang bukti obat terlarang jenis komix yang coba diselundupan. (Foto:Istimewa)

MANADO - Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Manado berhasil menggagalkan upaya menyelundupan obat terlarang jenis komix yang dibawa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Asimilasi Luar.

Peristiwa yang terjadi pada Sabtu (21/01/2023) tersebut bermula ketika petugas P2U melakukan pemeriksaan rutin kepada WBP Asimilasi Luar yang selesai melaksanakan kebersihan di halaman depan Rutan Manado.

Saat dilakukan penggeledahan badan dan makanan yang dibawa oleh WBP, petugas mencurigai 4 botol minuman soda floridina.

Dua petugas P2U yaitu Farizal Makalew dan Aplyanto Ma'aluas memeriksa barang tersebut sesuai SOP, dan hasil penciuman aroma minuman tersebut berbeda dengan aslinya.

"Petugas P2U mengintrogasi WBP tersebut dan mengakui kalau barang tersebut dititip dari orang yang mereka tidak kenal untuk diberikan kepada WBP yang ada di dalam Rutan Manado," kata Kepala Satuan Pengamanan Rutan Klas IIa Manado, Rico Wendur.

Petugas yang dipimpin Kasat Pengamanan Rico Wendur melakukan pengembangan lebih lanjut dan langsung mengamankan WBP serta barang bukti yang ada.

Wendur menegaskan dan mengingatkan agar para petugas tetap waspada dan teliti dalam menjalankan tugas dan melaporkan kepada atasan atau perwira kontrol ketika terjadi kejadian seperti ini.

"Terima kasih kepada petugas pengamanan yang sudah sigap melakukan pencegahan dan menggagalkan masuknya obat terlarang jenis komix ke dalam Rutan," ujarnya. (Mike)

Editor: Mike

RELATED NEWS