Usul PAW Resmi Dibaca, Empat Legislator Manado "Diusir" dari Dekot

Joise Bukara - Selasa, 04 Juli 2023 06:23 WIB
Suasana paripurna DPRD Manado menjelabng pembacaan usulan PAW empat legislator

MANADO - Empat legislator Manado, Vanda Pinontoan, Lily Binti, Franco Wangko dan Robert Tambuwun, resmi “diusir ” dari Dekot Manado, setelah surat usulan PAW mereka, resmi dibaca Sekretaris DPRD Manado, Drs. Herry Saptono, dalam rapat paripurna dewan, Senin sore.

“Keempat legislator itu berasal dari Partai Demokrat, Golkar, Nasd3em, dan Perindo, dan sudah ada nama-nama penggantinya,” Kata kata Herry Saptono.

Usulan PAW sudah dimasukkan oleh empat fraksi dan dibaca dalam paripurna sambil menunggu prosesnya berjalan dari partai politik ke KPU Manado, kata Saptono.

Pertama Saptono membaca surat dari fraksi Partai Nasdem mengenai usulan PAW dari legislator Frangko Christian Wangko, kepada peraih suara terbanyak kedua, yakni Liliana LB Khairupan, kemudian surat kedua dari fraksi Partai Golkar yang mengusulkan pergantian dari legislator Lily Binti, yang merupakan peraih suara terbanyak di dari Golkar Dapil Wenang-Wanea, kepada Johanis Calvin Laginda yang meraup suara terbanyak setelah Binti.

Surat usulan PAW ketiga datang dari Perindo Manado yang bergabung dengan fraksi Nasdem, yang mengusulkan pergantian terhadap legislator Robert Ronal Tambuwun, kepada Adelin Dianne Roring sebagai penggantinya, kemudian usulan PAW tetrakhir yang dibacakan adalah dari fraksi Demokrat, yang mengusulkan pergantian terhadap legislator Vanda A. Pinontoan, kepada Fresol Wongkar, sebagai peraih suara terbanyak kedua setelah Vanda.

Keempat legislator yang di-PAW berasal dari partai berbeda, namun semuanya berkumpul di PDIP Manado. Maju sebagai bakal Caleg dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut pada Pemilu 2024 nanti, tinggal menunggu penetapan DCT oleh KPU.

Editor: Joise Bukara
Tags PAW Dekot Bagikan

RELATED NEWS