Wali Kota Senduk Buka Bimtek Manajemen Kepegawaian Jabatan Fungsional 2024

Redaksi - Kamis, 13 Juni 2024 08:17 WIB
Wali Kota Tomohon Caroll J.A Senduk saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Kepegawaian Pemerintah Kota Tomohon 2024. (Foto: Istimewa)

Tomohon, Potretmanado -- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Kota Tomohon menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Kepegawaian Jabatan Fungsional Pemerintah Kota Tomohon 2024.

Wali Kota Tomohon Caroll J.A Senduk, membuka secara langsung kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Mercure Hotel Tateli Beach Resort, Rabu (12/06/2024).

"Manajemen kepegawaian adalah serangkaian proses pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk mewujudkan ASN yang profesional dengan hasil kerja tinggi dan perilaku sesuai nilai dasar ASN. Bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Wali Kota, jabatan ASN terdiri atas jabatan manajerial dan jabatan non-manajerial. Jabatan manajerial terdiri atas jabatan pimpinan tinggi utama, jabatan pimpinan tinggi madya, jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator dan jabatan pengawas.

"Sedangkan jabatan non-manajerial terdiri atas jabatan fungsional dan jabatan pelaksana," ucap Caroll Senduk.

Dijelaskannya, jabatan fungsional merupakan sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

"Manajemen kepegawaian untuk jabatan fungsional meliputi kedudukan dan tanggung jawab, tugas dan klasifikasi jabatan fungsional, kategori dan jenjang jabatan fungsional, pengusulan dan penetapan jabatan fungsional, pengangkatan dalam jabatan fungsional, pengelolaan kinerja pejabat fungsional, kenaikan pangkat, pemberhentian dari jabatan fungsional, kompetensi dan instansi pembina," jelas Wali Kota Senduk.

Untuk mencapai tujuan dan kesejahteraan yang diharapkan, maka sangat diperlukan kontribusi dari seluruh ASN agar menunjang segala program pemerintah demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

"Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa kita akan memasuki masa pemilihan Kepala Daerah. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh ASN Pemerintah Kota Tomohon, tetap bertanggung jawab dengan komitmen masing-masing serta menjaga netralitas sebagai aparatur negara dimanapun kita pergi dan berada," sambung Wali Kota Caroll.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, Narasumber dari Kemendagri Ketua Tim Kerja Wilayah IV (Sulawesi) Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Ir. Moh. Yuliarto, Analis Jabatan selaku Wakil Ketua Tim Kerja IVB Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Muhammad Fikri Cahyadi, Para Asisten Setda Kota Tomohon, Kepala BKPSDM Daerah Kota Tomohon Djon Sonny Liuw serta Jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (Jor/Fjt)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS