Waspada! Begini Cara Menghindari Penipuan iPhone Terbaru Terkait Apple ID

Redaksi Daerah - Jumat, 14 Juni 2024 11:00 WIB
Cara Menghindari Penipuan iPhone Terbaru yang Melibatkan Apple ID Anda (Apple)

JAKARTA - Akhir-akhir ini penipuan iPhone baru sedang marak terjadi, apalagi bagi pengguna yang sama sekali tidak curiga. Meski penipuan ini tampak lebih populer di Tiongkok, ada baiknya jika Anda semua terutama pengguna iPhone untuk mewaspadai modus penipuan ini.

Seperti yang dilansir dari Gizchina, penipuan ini melibatkan login Apple ID dari calon pembeli ke iPhone yang akan dijual. Berikut penjelasan sekaligus cara menghindari jadi korbannya.

Modus Penipuan Menggunakan Apple ID

Pembeli biasanya akan meminta penjual iPhone untuk masuk ke Apple ID mereka guna mengonfirmasi bahwa iPhone tersebut memang resmi milik penjual. Hal ini penting dilakukan apalagi saat membeli iPhone bekas, karena hal ini juga memastikan bahwa penjual telah sign out sepenuhnya dari akun mereka.

Langkah-langkah ini juga berarti bahwa pembeli dapat mulai menggunakan perangkat tersebut tanpa potensi masalah atau akses tidak sah. Namun, hal ini ternyata justru dimanfaatkan oleh penipu. Dalam penipuan ini, calon pembelilah yang menjadi penipu.

Penipuan ini dimulai dengan permintaan yang tampak valid dari seorang calon pembeli iPhone. Pembeli yang sebetulnya penipu itu kemudian meminta penjual untuk log in dengan Apple ID mereka dan mengambil screenshot dari layar beranda ponsel.

Penipu yang berpura-pura sebagai pembeli akan mengklaim bahwa hal ini diperlukan untuk membuktikan bahwa ponsel tersebut memang milik penjual. Namun, setelah penjual log in ke ponsel tersebut, penipu justru mengunci ponsel dari jarak jauh dan meminta uang ke penjual sebelum membukanya. Hal ini termasuk dalam kasus pencurian identitas dan penipuan yang jelas sehingga penting bagi Anda untuk mewaspadai modus penipuan ini agar tidak menjadi korbannya.

Cara Menghindari Penipuan yang melibatkan Apple ID

1. Waspada terhadap Permintaan Informasi Pribadi

Waspada jika ada permintaan apapun yang meminta informasi pribadi Anda, seperti password Apple ID atau detail sensitif lainnya. Permintaan valid dari Apple atau sumber terpercaya lainnya bahkan tidak akan pernah meminta informasi tersebut.

2. Verifikasi Keaslian Permintaan

Sebelum memberikan informasi atau akses ke Apple ID Anda, verifikasi keaslian permintaan. Periksa URL situs web atau alamat email pengirim untuk memastikan keabsahannya.

3. Hindari Masuk ke Apple ID Anda

Jangan pernah masuk ke Apple ID Anda atau memberikan informasi pribadi apapun sebagai tanggapan atas permintaan dari sumber yang tidak dikenal.

4. Hubungi Customer Service Resmi Apple

Jika Anda menemukan permintaan yang mencurigakan tentang Apple ID Anda, segera hubungi layanan pelanggan atau CS resmi Apple. Mereka akan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah dan memberikan panduan tentang cara melindungi akun Anda.

5. Jaga Keamanan Apple ID

Pastikan Apple ID Anda aman dengan menggunakan password yang kuat dan aktifkan 2FA (two factor authentication). Lapisan keamanan tambahan tersebut akan membantu mencegah akses tidak sah untuk masuk ke akun Anda.

Itu tadi modus penipuan yang melibatkan Apple ID yang harus Anda waspadai agar tidak menjadi korban berikutnya. Waspada!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 14 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS