WhatsApp Perkuat Privasi Pengguna dengan Fitur Chat Lock Baru

Redaksi Daerah - Senin, 20 Mei 2024 17:07 WIB
Canggih! WhatsApp Tingkatkan Privasi dengan Fitur Kunci Obrolan di Lintas Perangkat (Istimewa)

JAKARTA - WhatsApp tampaknya terus mengutamakan privasi pengguna. Komitmen tersebut diwujudkan salah satunya dengan menawarkan berbagai fitur untuk menjaga agar percakapan sensitif tidak bocor, salah satunya yaitu Chat Lock yang memungkinkan pengguna melindungi obrolan tertentu dengan lapisan keamanan tambahan.

Dengan mengaktifkan fitur Chat Lock, pengguna dapat mencegah akses yang tidak sah ke chat paling pribadi mereka, meski ponsel tidak terkunci atau dibagikan kepada orang lain.

WhatsApp Memperluas Fitur Chat Lock

Saat ini diketahui masih ada batasan terhadap fitur Chat Lock. Fungsi Chat Lock yang sekarang hanya tersedia untuk perangkat utama tempat Anda menginstal WhatsApp.

Itu artinya, chat pribadi Anda tetap rentan untuk dibuka orang lain pada perangkat yang terhubung, seperti yang ada di WhatsApp Web atau tablet. Untungnya, dengan adanya pembaruan fitur Chat Lock yang akan datang, kegelisahan pengguna bisa teratasi.

Peningkatan Keamanan dengan Fitur Chat Lock Lintas Perangkat

Seperti yang dilansir dari Gizchina, penemuan terbaru dalam Android beta oleh WABetaInfo mengungkapkan bahwa Meta, perusahaan induk WhatsApp sedang menyelesaikan pembaruan. Pembaruan tersebut akan memperluas fungsi Chat Lock di semua perangkat yang terhubung.

Hal tersebut menandakan adanya peningkatan signifikan dalam privasi pengguna. Pengguna yang memilih untuk mengunci obrolan tertentu di ponsel utama kini akan terlindungi di semua perangkat lain tempat akun WhatsApp mereka aktif.

Dengan mengaktifkan fitur Chat Lock ini di perangkat utama, Anda bisa memastikan mendapatkan tingkat perlindungan yang sama untuk percakapan pribadi Anda, apapun perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses WhatsApp.

Hadirnya fitur Chat Lock di berbagai perangkat ini memungkinkan munculnya proses otentikasi baru. Anda akan mendapatkan kode rahasia unik di perangkat utama.

Kode tersebut diperlukan untuk mengakses obrolan yang terkunci di perangkat apapun yang tertaut.

Dikabarkan bahwa fitur tindakan keamanan ini telah mulai dikembangkan pada bulan April. WABetaInfo juga telah mengonfirmasi peluncuran fitur tersebut untuk pengguna Android beta. Hal ini menunjukkan bahwa rilis yang lebih luas untuk semua pengguna dalam versi aplikasi yangs tabil dapat dilakukan dalam beberapa minggu mendatang.

Itu tadi penjelasan soal fitur kunci obrolan atau Chat Lock lintas perangkat yang akan dihadirkan oleh WhatsApp. Apakah Anda tertarik menggunakannya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 20 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS